Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 08 Januari 2012

Nanocrystal Membuat Gigi Tiruan Lebih Bersinar

Professor Russel dan rekan-rekannya dari Otto Schott Institute for Glass Chemistry University of Jena (Jerman) telah berhasil membuat suatu glass ceramic jenis baru dengan menggunakan nanocrystalline structure. Material ini diklaim memiliki kekuatan 5 kali lipat lebih tinggi daripada material yang ada sekarang serta memiliki tampilan estetik yang lebih baik.


Ahli kimia dari University of Jena sebenarnya telah lama mengembangkan material keramik dengan densitas tinggi ini, namun penggunaannya baru diterapkan pada bidang lain seperti untuk bahan dasar dari perangkat keras komputer baru yang lebih efisien. Kini dengan kombinasi antara kekuatan bahan dan tampilan estetik yang baik, bahan keramik ini pun diberi kesempatan untuk digunakan di bidang kedokteran gigi.

Sebuah bahan material pembuat gigi tiruan haruslah memiliki tampilan yang semirip mungkin dengan gigi asli. Tidak hanya shade warna yang penting, namun juga bahan tersebut juga harus memiliki karakteristik translusensi yang baik seperti yang dimiliki oleh email gigi.

Untuk memperoleh karakteristik ini, bahan glass ceramic diproduksi dengan menggunakan temperatur yang tepat. Pertama semua bahan dasar dilelehkan pada suhu 1.500 derajat celcius, lalu didinginkan dan dipotong. Lalu bahan glass dilelehkan dan didinginkan kembali. Terakhir, diciptakanlah nanocrystal dengan pemanasan yang terkontrol pada suhu sekitar 1.000 derajat celcius. Tahap terakhir inilah yang terpenting untuk menentukan kekuatan dari bahan material ini. Apabila bahan cristallised dibuat terlalu kuat, maka tampilannnya akan terlihat terlalu opaque seperti gips plaster. Rahasia dari bahan material ini adalah pada konsitensi dari ukuran nanocrystal yaitu paling besar sekitar 100 nanometer. Dengan ukuran ini, bahan akan dapat meneruskan cahaya lebih baik sehingga terlihat translusen seperti gigi asli.

Lebih banyak pengembangan masih perlu dilakukan sampai bahan ini siap digunakan sebagai bahan pembuat gigi tiruan. Namun, dasar dari proyek ini telah selesai dilakukan, Professor Russel yakin itu.


Medical News Today: Nanocrystals Make Dentures Shine


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama