Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 19 Desember 2011

Tingkatkan Efektivitas Dental Anestesi Dengan Mannitol

Telah ditemukan lagi suatu bahan yang dapat meningkatkan tingkat keberhasilan tindakan anestesi khususnya di bidang kedokteran gigi. Bahan yang dikenal dengan nama mannitol ini terbukti dapat meningkatkan efektivitas anestesi lokal secara signifikan jika ditambahkan ke dalam obat anestesi yang biasa dipakai.

Edisi terbaru dari jurnal Anesthesia Progress menampilkan sebuah penelitian yang mencoba mengungkap pengaruh penambahan mannitol ke dalam obat anestesi yang digunakan untuk blok saraf alveolaris inferior.

Sebanyak 40 orang dewasa diberikan blok alveolaris inferior pada tiap 3 kunjungannya dengan jarak antar kunjungan minimal satu minggu.

Dalam penelitian tersebut dibandingkanlah efektivitas obat anestesi yang biasa dipakai, yaitu lidokain plus adrenalin (kita sebut saja pehakain), dengan pehakain yang sudah dicampur mannitol.

Setelah diinjeksikan untuk blok saraf alveolaris inferior, tingkat rasa nyeri dari naracoba diukur menggunakan electric pulp tester selama 60 menit dengan interval waktu 4 menit. Didapatkanlah hasil penelitian yang memperlihatkan bahwa pehakain yang dicampur dengan mannitol ternyata dapat meningkatkan efektivitas anestesi lokal secara signifikan.

Mannitol sendiri merupakan suatu alkohol gula yang tersedia secara alami pada buah dan sayur. Mannitol mempunyai kemampuan untuk membuka perineural membrane sehingga permeabilitasnya meningkat dan memungkinkan obat anestesi untuk dapat berdifusi dengan lebih baik ke dalam pembuluh saraf.

Para ahli percaya bahwa kegagalan anestesi lokal salah satunya diakibatkan karena perineural membrane di sekeliling saraf tidak membiarkan obat anestesi masuk secara keseluruhan. Oleh karena itu, dibutuhkanlah bahan tambahan seperti mannitol ini agar diperoleh efek anestesi yang lebih optimal.

Medical News Today: Addition Of Mannitol Increases Effectiveness Of Dental Nerve Block Anesthesia

1 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama