Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 04 Desember 2011

7 Trik Mengurangi Porsi Makan

eat dinner

Sudah jadi rahasia umum kalau berat badan yang berlebih dapat menjadi sumber dari berbagai masalah kesehatan. Namun, bagi mereka yang punya hobi makan usaha mengurangi porsi makan merupakan tantangan yang sangat berat. Berikut ini adalah 7 trik untuk membantu Anda mengurangi porsi makan.

1. Bersantailah sebelum makan.
Kondisi stres dapat membuat Anda makan lebih cepat. Tanpa terasa cara makan yang terburu-buru dapat membuat porsi makan Anda lebih besar. Coba hilangkan stres Anda dan makanlah lebih perlahan.

2. Pakai sendok dengan ukuran yang lebih kecil.
Menurut sebuah penelitian di University of Rhode Island, orang yang makan menggunakan sendok dengan ukuran yang lebih kecil ataupun menggunakan sumpit biasanya akan mengkonsumsi lebih sedikit sekitar 70 kalori dibandingkan ketika mereka menggunakan sendok berukuran besar.

3. Nikmati 3 suapan pertama.
Menurut Jeffry Greeson, Ph.D, seorang psikolog di Duke Integrative Medicine, apabila Anda memusatkan perhatian, menganalisa struktur dan rasa makanan, Anda akan dapat menipu otak Anda untuk berpikir bahwa perut Anda sudah penuh.

4. Teguk air di antara tiap suapan.
Anda akan tetap terhidrasi dan akan menghindarkan otak Anda dari kebingungan antara merasa lapar atau sedang dehidrasi.

5. Ngobrol ketika makan.
Makan sambil ngobrol memang tidak dianjurkan. Namun, menurut peneliti dari Flinders University mengobrol akan menstimulasi pikiran Anda untuk tidak terkonsentrasi dengan hidangan yang tersedia. Yang pasti, Anda tetap harus berhati-hati ketika melakukannya.

6. Hindari soda dan minuman manis lain yang terbuat dari sirup jagung tinggi fruktosa.
Penelitian yang dilakukan oleh University of California menemukan bahwa sirup jagung dapat menghambat hormon utama yang berperan untuk memberi tahu kita bahwa kita sudah kenyang.

7. Minum black tea.
Sebuah penelitian yang ada di dalam Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa teh hitam dapat menurunkan kadar gula darah sebesar 10% dalam 2,5 jam. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih cepat kenyang dan tahan lapar lebih lama.

Men's Health: 9 Sneaky Ways To Eat Less





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

7 komentar:

  1. setuju banget deh tipsnya pengen coba tipsnya ya terima kasih . . .

    BalasHapus
  2. numpang nyoba tipsnya ya gan hehehe :D

    BalasHapus
  3. keinginan untuk makan ini yang engga bisa tahan2:p

    BalasHapus
  4. Kalo boleh menambahkan, mungkin juga perlu memaksa diri untuk membatasi porsi dan langsung minum air putih yang banyak, dengan begitu akan kenyang duluan. tapi bagus apa tidak ya akibatnya...salam kenal dari kumpulan artikel

    BalasHapus
  5. @cara hidup sehat:
    Saya pernah baca kalau minum air putih yang banyak sebelum makan kurang efektif untuk menekan nafsu makan..karena sifat air yang tidak bisa lama di dalam lambung, dia langsung masuk ke dalam usus,sehingga lambung pun kembali kosong...cmiiw

    BalasHapus
  6. saran yang memuaskan tuh bisa dicoba

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama