Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 05 Desember 2011

4 Makanan Sebagai Obat Alami

honey

Saat ini sudah banyak orang yang menggunakan obat-obatan alami untuk meredakan gejala-gejala akibat suatu penyakit tertentu. Yang paling disukai orang adalah bahan obat alami berupa makanan yang dapat dikonsumsi sehari-hari. Selain efek sampingnya minimal, beberapa dari obat alami memang cukup efektif sesuai indikasinya.

Ahli nutrisi dari majalah Today, Joy Bauer, mencoba memaparkan obat alami favoritnya kepada kita.

1. Cuka sebagai penurun kadar gula darah.
2 sampai 4 sendok teh gula yang dicampur dalam makanan atau dikonsumsi sebelum makan ternyata dapat mencegah naiknya kadar gula darah yang berlebihan. Cuka ini akan sangat membantu sekali terutama bagi penderita diabetes tipe 2. Tentunya cuka ini bukan langsung ditelan bulat-bulat, melainkan dicampur dengan makan lain misalnya dengan minyak zaitun dan salad sebagai hidangan pembuka.

2. Madu untuk mengobati batuk.
Madu dapat membantu melapisi dan menenangkan tenggorokan yang sedang batuk. Selain itu, madu juga dapat membantu mengeluarkan dahak atau lendir yang terdapat di tenggorokan. Untuk anak usia 1 sampai 6 tahun cobalah dengan memberikan setengah sendok teh madu sebelum tidur. Untuk yang berusia di atas 6 tahun dan orang dewasa berikan 1 sampai 2 sendok teh madu. Namun, perlu diingat bahwa madu tidak boleh diberikan kepada anak yang berusia di bawah 1 tahun.

3. Chamomile tea untuk meredakan nyeri haid.
Minum chamomile tea dapat membantu membuat rahim rileks dengan cara meningkatkan kadar glisin, yaitu sejenis asam amino yang dapat meredakan kontraksi otot. Cobalah minum 1 sampai 3 cangkir teh bebas kafein ini ketika memasuki siklus menstruasi.

4. Minyak peppermint untuk meredakan gejala iritasi usus besar.
Iritasi usus besar (irritable bowel syndrome) biasanya ditandai oleh gejala seperti nyeri atau rasa tidak enak pada perut yang disertai oleh diare yang berkala ataupun konstipasi. Minyak peppermint dapat membantu membuat otot usus untuk rileks. Cobalah minum 1 kapsul minyak peppermint 3 kali sehari, 30 menit sebelum makan.

Today Health: 4 Natural Food Cures.   





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

3 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama