Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 03 November 2011

Sumber Antioksidan Yang Belum Anda Tahu

popcorn

Apa yang pertama terpikir oleh Anda ketika mendengar kata antioksidan? Mungkin yang terbayang adalah sayur-sayuran ataupun buah-buahan yang memiliki warna cerah. Ternyata baru-baru ini peneliti menemukan zat antioksidan penangkal radikal bebas ini di sumber-sumber makanan yang tidak kita duga sebelumnya. Apa saja contohnya?

1. Pasta gandum utuh.
Pasta yang terbuat dari gandum utuh (whole grain) memiliki kandungan antioksidan 3x lebih banyak daripada pasta biasa. Banyak penelitian epidemiologi yang memperlihatkan bahwa konsumsi gandum utuh dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Dulu peneliti menduga hal ini mungkin dikarenakan pengaruh serat dalam gandum utuh yang membersihkan kolesterol dalam tubuh. Ternyata tampaknya pengaruh positif polifenol di dalam gandum utuhlah yang lebih besar.

2.Popcorn
Popcorn memiliki senyawa antioksidan polifenol untuk melawan kanker 4 x lipat lebih banyak dibandingkan dengan rata-rata yang terkandung di dalam buah.

3. Telur
Sebelumnya, telur memang tidak dianggap sebagai makanan yang kaya akan antioksidan lutein, apalagi jika dibandingkan dengan kandungan lutein yang terdapat di dalam bayam. Namun, setelah diteliti lebih lanjut ternyata lutein yang terdapat di dalam kuning telur lebih mudah diserap tubuh dibandingkan dengan lutein bayam. Lutein ini merupakan senyawa antioksidan yang dapat melindungi mata dari degenerasi makular dan katarak.

4. Yoghurt
Anda pecinta yoghurt? Anda akan semakin cinta dengan yoghurt setelah mengetahui fakta berikut. Ternyata 1 cup yoghurt tawar rendah lemak dapat memenuhi 25% kebutuhan riboflavin harian. Ini merupakan jumlah yang sama dengan yang diberikan oleh 1 cup bayam rebus.

5. Pemanis alami
Apabila Anda mengganti gula pasir dengan pemanis alami lain seperti madu, brown sugar, atau maple syrup maka Anda akan memperoleh manfaat lebih. Selain menambah cita rasa, pemanis alami ini juga dapat menjadi sumber antioksidan untuk menjaga kesehatan Anda.

Para ahli mengatakan bahwa dengan menambah asupan antioksidan dari sumber yang lebih beragam akan jauh lebih baik daripada Anda memperolehnya dari makanan yang itu-itu saja. Selain itu, asupan makanan yang bervariasi akan menyeimbangkan kebutuhan nutrisi dan menghindarkan Anda dari kejenuhan terhadap makanan-makanan tertentu.

MSNBC: Beyond Blueberries





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama