Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 10 November 2011

Percobaan Obat Penghancur Lemak Untuk Menurunkan Berat Badan

weight loss

Peneliti telah menguji sebuah obat yang bernama adipotide yang dapat menghancurkan lemak dalam tubuh dengan cara memutuskan suplai darah terhadap jaringan lemak. Bagaimanakah hasilnya? Dapatkah obat ini diaplikasikan untuk membantu menurunkan berat badan?

Dalam percobaan yang dilakukan terhadap kera, diketahuilah bahwa obat ini dapat menurunkan 11% dari berat tubuh kera setelah 28 hari perawatan dan 28 hari periode pemulihan.

Obat ini bekerja dengan cara memutuskan suplai darah terhadap jaringan lemak tubuh sehingga sel-sel lemak pun rusak karena tidak mendapat nutrisi. Cara kerja obat ini terinspirasi oleh ide dari Dr. Judah Folkman, seorang onkologis yang berpendapat bahwa sel kanker dapat mati apabila pembuluh darah yang memberinya makan dimatikan. Obat kanker tersebut adalah Avastin.

Obat ini diadministrasikan dengan cara injeksi, dan dosisnya disesuaikan dengan berat badan dari masing-masing kera dalam percobaan. Jenis kera yang dipilih adalah kera rhesus yang merupakan salah satu jenis kera yang cenderung mudah menderita obesitas karena pola  makannya dan kurangnya minat untuk beraktivitas fisik.

Dalam percobaan tersebut, kera yang gemuk berhasil menurunkan berat badannya. Sedangkan kera yang kurus tampaknya tidak terpengaruh.

Pada umumnya kera-kera ini dapat menerima obat dengan baik. Namun tampak ada penurunan fungsi ginjal yang patut diperhatikan, walaupun setelah selesai masa pemulihan fungsi kembali normal.

Apakah penurunan berat badan ini dapat tetap bertahan setelah masa perawatan? Tampaknya tidak. Peneliti menemukan pada akhir masa pemulihan kera-kera mulai kembali mengalami peningkatan berat badan. Kemungkinan besar karena tidak adanya perubahan kebiasaan pola hidup sehat pada kera-kera tersebut. Penelitian lebih lanjut pun sedang dilakukan.

Live Science: Experimental Fat-Destroying Drug Could Aid In Weight Loss 





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

1 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama