Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 03 Oktober 2011

Hindari Diabetes Tipe 2 Dengan Tidur

From Gigi Sehat Badan Sehat - Artikel Berita Informasi Kesehatan
Saat ini semakin banyak anak remaja yang mengalami obesitas. Kondisi ini akan menempatkan mereka pada risiko berbagai macam penyakit di kemudian hari, salah satunya diabetes tipe 2. Baru-baru ini para peneliti menemukan satu lagi upaya pencegahan diabetes tipe 2 yaitu dengan memiliki kebiasaan tidur malam yang baik.

Dari penelitian ini diketahuilah bahwa remaja obesitas yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup dapat memiliki gangguan pada sekresi insulin. Sekresi insulin akan berkurang dan hal ini akan berdampak pada kadar gula dalam darah.

Berdasarkan laporan, rata-rata 3 dari 4 anak sekolah menengah atas memiliki waktu tidur yang kurang. Dari penelitian ini ditemukanlah bahwa untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil, maka diperlukan waktu optimal untuk tidur bagi remaja sebanyak 7,5 sampai 8,5 jam tiap malamnya. Penelitian ini juga sesuai dengan penelitian sebelumnya pada orang dewasa yang memperlihatkan adanya hubungan antara gangguan tidur dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit kronis dimana tubuh tidak memproduksi cukup insulin untuk mengendalikan kadar gula darah ataupun dapat pula dikarenakan sel tubuh yang resisten atau kebal terhadap insulin.

Insulin berperan penting untuk mengubah glukosa menjadi energi. Ketika Anda makan, tubuh akan memecah gula dan karbohidrat pada makanan menjadi glukosa yang akan masuk ke dalam darah. Apabila insulin kurang atau tidak ada, maka glukosa yang terdapat di dalam darah ini tidak dapat diubah menjadi energi untuk dikirim ke dalam sel tubuh. Akibatnya, glukosa akan menumpuk di dalam darah dan timbullah komplikasi diabetes.

Ivanhoe Medical Breakthrough: Sleep May Keep Type 2 Diabetes Away




Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

1 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama