Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 07 Oktober 2011

3Mix Untuk Endodontik, Efektif Atau Tidak?

Penggunaannya yang cukup praktis, metode perawatan yang simpel, bahkan katanya tidak perlu instrumentasi sampai ke panjang akar, membuat 3Mix banyak dipilih untuk perawatan endodontik untuk klinik gigi "seadanya". Namun, efektifkah 3mix untuk mempertahankan gigi agar tetap sehat?

Sebuah penelitian yang diterbitkan online 23 September 2011 pada International Journal of Paediatric Dentistry mencoba mengevaluasi tingkat keberhasilan baik secara klinis maupun radiografis dari three mixed antibiotic dalam perawatan endodontik non-instrumentasi pada gigi molar sulung pada bulan ke 24-27 post perawatan.

80 gigi molar bawah sulung dari 58 anak diberikan pengobatan 3mix melalui perawatan endodontik non-instrumentasi yang selanjutnya ditutup menggunakan semen glass ionomer dan tambalan komposit, yang nantinya akan direstorasi secara permanen menggunakan stainless steel crown. Pasien dikontrol lagi secara klinis dan radiografis setiap 6 bulan selama dua tahun follow up.

Ternyata, dari 60 kasus pada bulan ke 24 sampai 27 kontrol ditemukan bahwa tingkat keberhasilan klinisnya sebesar 75% sedangkan tingkat keberhasilan radiografisnya 36,7%. Namun, secara keseluruhan, tingkat keberhasilan dari 3mix untuk perawatan endodontik non-instrumentasi adalah 36,7%, dengan 15,8% kasus memperlihatkan adanya respon pulpa dari resorpsi internal.

Penelitian menyimpulkan bahwa setelah evaluasi selama dua tahun perawatan endodontik non-instrumentasi menggunakan 3mix-mp memperlihatkan tingkat keberhasilan yang baik secara klinis, namun secara radiografis kurang. Oleh karena itu 3mix antibiotic tetap tidak dapat menggantikan perawatan saluran akar konvensional untuk terapi jangka panjang.  

International Journal of Paediatric Dentistry: Success rates of a mixture of ciprofloxacin, metronidazole, and minocycline antibiotics used in non-instrumentation endodontic treatment of mandibular primary molars with carious pulpal involvement.





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

2 komentar:

  1. menurut saya pemakaian 3 mix hanya baik sebagai bahan sterilisasi, karena kita tahu 3 mix adalah campuran 3 antibiotik yang pasti punya batas expire date, jadi tidak baik dipakai untuk jangka waktu yg lama dalam ruang pulpa atau saluran akar gigi. pada gigi anak2, mungkin masih dapat dipakai krn gigi sulung akan tanggal dan lepas

    BalasHapus
  2. @anonim:
    Betul sekali,jika kita merujuk pada penelitian memang sebaiknya trimix tidak digunakan sebagai bahan pengisian saluran akar secara permanen. Namun, untuk alasan expire mungkin masih kurang tepat kalau menurut saya. Karena bahan pengisi permanen pun seperti gutap juga memiliki masa expired..tapi bukan berarti gutap tidak bisa dipakai sebagai bahan pengisian saluran akar permanen.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama