Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 17 September 2011

4 Hal Rahasia Untuk Cegah Penuaan Kulit

Sinar matahari dan rokok bukanlah satu-satunya yang dapat mengubah kulit Anda yang tadinya mulus seperti porselen menjadi berkerut-kerut. Peradangan kronis juga memiliki pengaruh yang besar terhadap penuaan kulit.

Carl Thornfeldt, M.D. seorang dermatologis dan asisten profesor di Oregon Health and Science University mencoba memaparkan 4 hal lagi yang perlu dilakukan untuk mencegah penuaan kulit.

1. Perhatikan aktivitas olah raga.
Berkeringat akan membuat kulit Anda terpapar air garam yang dapat merusak pertahanan kulit dan membuat sinar ultraviolet dan polutan lebih banyak mencapai sel kulit.

Namun, kita tidak bisa menghentikan keluarnya keringat ketika berolah raga. Solusinya adalah dengan melakukan olah raga di dalam ruangan, atau melakukannya di luar ruangan sebelum pukul 10 pagi atau setelah pukul 4 sore sehingga penetrasi UVB dapat dikurangi sampai sebesar 80%.

2. Periksa label pada botol.
Propylene glycol merupakan suatu bahan yang ditemukan di resep obat cortisone dan juga terkandung di dalam berbagai moisturizer dan pembersih wajah. Bahan ini ternyata dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan peradangan yang berlanjut kepada penuaan kulit.

3. Hindari makanan olahan.
Asupan makanan yang tinggi karbohidrat dan gula dapat membentuk suatu reaksi di dalam kulit yang disebut glikasi. Reaksi ini akan mengikat kolagen dan mengurangi elastisitas kulit, sehingga kulit lebih rentan  untuk berkeriput.

4. Kurangi stress.
Bersantailah, karena stress emosional dapat melepaskan senyawa imun yang disebut histamin. Histamin ini dapat menyebabkan peradangan dan merusak matriks kulit.

Men's Health: 4 Ways To Stop Secret Sources of Aging 





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

2 komentar:

  1. agar awet muda tetaplah selalu tak terlalu stress,,
    nikmati hidup itu memang cara termuda agar terhindar dari penuaan dini,,
    dan olahraga teratur,,
    mantapp

    BalasHapus
  2. panu, penyakit paling menjengkelkan.. kalau sudah terkena penyakit panu sulit hilang. langkah tepat menurut saya jangan gonta ganti pakian, atau pun sabun dengan teman.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama