Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 25 Juli 2011

Sebotol Cuka Bisa Sangat Berguna Ketika Anda Pergi Ke Pantai

Ketika Anda disengat ubur-ubur, mungkin teman Anda akan menganjurkan untuk menggunakan air seni untuk meredakan rasa sakit akibat sengatan ubur-ubur. Tapi ternyata bukan itu obat yang paling baik.

Obat yang paling tepat untuk mengurangi nyeri akibat sengatan ubur-ubur adalah cuka. Namun apabila saat kejadian tidak ada cuka, maka pilihan obat selanjutnya adalah air laut, isopropil alkohol, baru pilihan yang terakhir adalah air seni.

Kepala Palang Merah Inggris, Joe Mulligan, mengatakan bahwa apabila seseorang disengat ubur-ubur mereka perlu secepatnya keluar dari air untuk menghindari serangan berikutnya. Apabila sudah keluar dari air, siram bagian tubuh yang tersengat dengan cuka, atau isopropil alkohol, ataupun air laut untuk mengurangi nyerinya.

Zat kimia asam yang terkandung di dalam cuka, isopropil alkohol, dan air laut dapat menetralisir sengatan dan menon-aktifkan nemotocyst, yaitu sel penyengat ubur-ubur yang menempel pada kulit dan memasukkan racun ke dalamnya.

Kenapa air seni tidak dapat melakukan hal ini? Yang menjadi masalah dari air seni adalah konsentrasinya yang berbeda-beda pada tiap orang. Jika konsentrasinya tinggi mungkin air seni juga cukup baik untuk mengatasi masalah ini. Namun apabila konsentrasinya agak rendah, misalnya pada orang yang banyak minum air, maka air seninya tidak jauh berbeda dengan air biasa.

Setelah disiram dengan salah satu dari tiga bahan di atas, kulit dibersihkan dari nematocyst. Cuci bagian tersebut dengan air garam, atau gunakan benda dengan tepi yang kaku dan tipis (misalnya seperti tepi kartu kredit) untuk menghilangkan sel penyengat dari kulit.

Sangat dianjurkan apabila Anda pergi ke pantai dengan membawa sebotol kecil cuka. Harganya murah dan bisa sangat berguna bagi Anda apabila terjadi hal tak terduga seperti ini. Tentunya cuka jauh lebih baik daripada Anda saling "kencing-mengencingi" satu sama lain.

MSNBC: Urine Doesn't Ease Jellyfish Stings, After All






Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama