Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 17 Juni 2011

Waspada Radang Sendi Tulang Bagi Pemuja High Heels

Sepatu high heels memang membuat seorang wanita terlihat elegan, rasa percaya diri pun meningkat. Namun, mereka harus membayar mahal untuk hal ini. Para ahli memperingatkan bahwa penggunaan high heels akan memberikan mereka risiko radang sendi tulang atau osteoarthritis.

High heels dapat mengubah postur tubuh, dan meningkatkan beban yang diterima oleh kaki, pergelangan kaki, dan sendi lutut. Hal ini akan meningkatkan risiko pemakainya untuk menderita osteoarthritis.

Osteoarthritis disebabkan oleh tekanan pada kartilago yang dapat berasal dari cedera ataupun pemakaian sendi sehari-hari. Kondisi ini tidak hanya dialami pada usia lanjut, melainkan dapat terjadi pada usia berapa pun juga.

Profesor Anthony Redmond, seorang peneliti arthritis, mengatakan bahwa ada cara-cara sederhana untuk mencegahnya:

1. Pilihlah sepatu yang tepat dan fit untuk kaki Anda. Hal ini akan meminimalisir beban yang diterima oleh kaki dan sendi selama beraktivitas, serta dapat mencegah terjadinya cedera.

2. Untuk penggunaan sehari-hari, dianjurkan untuk menggunakan sepatu dengan ujung yang membulat dengan ketinggian heel sekitar 2-3 cm. Pilih pula sepatu dengan sol yang bersifat shock absorbent untuk meminimalisir benturan pada sendi.

3. Apabila Anda melakukan olahraga tertentu, pilihlah sepatu yang memang didesain untuk olahraga tersebut.

Redmond menambahkan bahwa apabila Anda sering merasakan sakit pada kaki ataupun pergelangan kaki janganlah diabaikan. Beberapa jenis osteoarthritis dapat diawali dari kaki. Dan perawatan sedini mungkin sangatlah penting untuk memperoleh hasil jangka panjang yang terbaik.

BBC: Arthritis Warning to Women Who Wears High Heels





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

4 komentar:

  1. asiiiik dicopy ya gan :D
    aturnuhuuun

    BalasHapus
  2. Kalo sepatu high heelsnya ujungnya tidak membulat kenpa ya,,?? kalo modelnya alasnya itu agak lebar gitu apakah boleh di pergunakan,,,???

    BalasHapus
  3. Terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama