Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 05 Juni 2011

Tujuh Peringkat Makanan Yang Baik Untuk Gigi

Makanan bukanlah sekedar pengisi perut atau pemuas cita rasa. Kesehatan kita juga tergantung dari apa yang kita makan, termasuk salah satunya kesehatan gigi. Dan berikut ini adalah daftar tujuh jenis makanan yang baik bagi kesehatan gigi.

1. Buah dan sayur berserat tinggi
Tidak hanya memiliki kemampuan menyikat permukaan gigi, makanan berserat tinggi juga dapat menstimulasi aliran saliva (air ludah) yang juga berperan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut. Saliva merupakan salah satu alat pertahanan tubuh. Dia dapat menetralisir asam penyebab kerusakan gigi, serta mengandung kalsium dan fosfat sebagai nutrisi yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan awal dari jaringan gigi.

2. Air
Air mutlak dibutuhkan oleh tubuh kita, termasuk gigi dan rongga mulut. Air merupakan komponen utama dari saliva. Air juga dapat membersihkan sisa makanan dan asam yang ada di dalam mulut dengan cara dikumurkan.

3. Produk susu
Produk susu (yang tidak ditambahkan gula) dapat menolong gigi dengan beberapa cara. Produk susu mengandung kalsium dan fosfat yang dibutuhkan oleh gigi. Susu juga mengandung vitamin D yang membantu tubuh untuk memanfaatkan asupan kalsium dengan optimal. Salah satu produk susu yaitu keju juga dapat meningkatkan aliran saliva.

4. Xylitol
Permen karet yang mengandung pemanis yang disebut dengan xylitol (sejenis gula yang diekstraksi dari beberapa jenis tanaman) dapat mencegah pembentukan lubang gigi dengan cara melawan bakteri pembentuk lubang gigi yang bernama Streptococcus mutans. Permen karetnya sendiri juga membantu menjaga kebersihan mulut dengan cara merangsang produksi saliva dan "menyikat" permukaan gigi dari timbunan plak.

5. Teh
Kopi, teh hijau dan teh hitam mengandung senyawa yang disebut dengan polyphenol yang dapat berinteraksi dengan bakteri pembentuk plak. Senyawa ini dapat membunuh, menekan pertumbuhan bakteri, ataupun mencegah mereka untuk memproduksi asam pembentuk lubang gigi. Selain teh dan kopi, coklat juga memiliki kemampuan anti-Streptococcus mutans penyebab gigi berlubang. Tapi tentu saja bukan coklat batangan yang mengandung gula.

6. Kacang
Kacang mengandung vitamin dan mineral yang dapat menjaga kesehatan gigi. Diantaranya kacang tanah (kalsium dan vitamin D), almond (kaya kalsium), mete (merangsang produksi saliva dan membersihkan gigi), walnut (serat, asam folat, zat besi, thiamine, magnesium, niacin, vitamin E, vitamin B6, potassium, dan zinc).

7. Sumber-sumber vitamin dan mineral
Makanan yang mengandung vitamin A, C, dan D, maupun makanan yang mengandung mineral seperti kalsium dan fosfor, kesemuanya baik untuk menjaga kesehatan gigi. Makanan ini meliputi daging sapi, telur, ikan, kentang, bayam dan sayuran hijau lainnya, sereal dengan tambahan nutrisi, tahu, buncis, gandum utuh, dan poultry.


Dentistry.co.uk


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

2 komentar:

  1. terima kasih atas info tentang kesehatan gigi

    BalasHapus
  2. informasi yang sangat berguna, terima kasih.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama