Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 23 Juni 2011

Dental Camera Inovatif Diluncurkan Tahun Depan

T

im peneliti dari University of Liverpool telah memenangkan penghargaan Medical Futures Award atas pengembangan sebuah alat yang dapat mengidentifikasi gigi berlubang tahap awal dan plak sebelum mereka dapat terlihat oleh mata.

iDENTifi merupakan kamera digital klinis yang dilengkapi teknologi Qualitative Light induced Fluorescence (QLF) untuk mengambil gambar dari dalam rongga mulut menggunakan sinar biru dan filter khusus yang dapat mendeteksi keberadaan karies maupun plak.

Gambar yang diambil dapat dipindahkan dengan teknologi wireless ke komputer, laptop, iPad, ataupun smartphone agar dapat segera dievaluasi lebih lanjut oleh pakar kesehatan gigi.

Alat ini dapat memperlihatkan plak pada tahap awal, karies kecil, dan karies sekunder, yaitu karies yang terbentuk ketika tambalan gigi mulai rusak. Dia juga dapat mengidentifikasi plak yang lebih matang yang memiliki potensi merusak gigi tanpa memerlukan larutan disclosing yang biasa digunakan untuk memeriksa plak.

iDENTifi juga bermanfaat bagi pasien ortodontik untuk memeriksa plak yang tertinggal setelah pembersihan gigi. Pembersihan gigi pada pasien ortodontik memang memerlukan keterampilan lebih. Dan kebersihan rongga mulut ini tentu akan sangat menunjang keberhasilan perawatan.

Sekarang iDENTifi akan terus digunakan pada percobaan klinis dan rencananya baru akan diluncurkan ke pasaran pada musim panas 2012.

Dentistry.co.uk: Innovative Dental Camera to Launch in 2012





Perhatian:
Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.



Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan.

Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.

Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. Wah kayanya sangat bermanfaat banget tw bisa mendeteksi sejak dini plak yang ada di gigi sebelum lebih parah lagi

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama