Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 12 Mei 2011

Kopi Cegah Kanker Payudara?

Para peneliti menemukan satu lagi manfaat kesehatan dari kopi. Dikatakan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi dalam jumlah tertentu setiap harinya akan dapat menurunkan risiko mereka terjangkit suatu jenis kanker payudara. Kanker payudara jenis apa, dan berapa jumlah kopi yang perlu dikonsumsi? Mari kita simak ulasannya.

Peneliti dari Swedia menemukan hubungan antara asupan kopi 5 cangkir atau lebih dalam sehari dengan adanya penurunan non-hormone-responsive yang dikenal dengan sebagai ER-negative. Namun, tampaknya kopi tidak dapat menurunkan risiko berkembangnya ER-positive dari kanker payudara, yaitu suatu bentuk hormone-responsive estrogen receptor dari penyakit ini.

Dikatakan peneliti bahwa dengan konsumsi rutin kopi setiap hari mungkin akan dapat melindungi wanita dari ER-negative, yaitu suatu jenis kanker payudara yang bersifat agresif. Namun, jumlah 5 cangkir sehari mungkin merupakan jumlah yang cukup banyak bagi beberapa orang, dan mungkin perlu disesuaikan dengan kemampuan masing-masing orang untuk mengkonsumsi kopi.

Peneliti menambahkan bahwa mereka perlu menggali informasi lebih dalam lagi mengenai manfaat kopi ini, diantaranya jenis kopi apa yang dapat memberikan manfaat maksimal, maupun zat apa yang terkandung di dalam kopi yang memberikan manfaat kesehatan ini. Sehingga diharapkan ke depannya, zat aktif ini dapat diekstrak dari kopi dan dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan kanker payudara.

Penelitian ini dipublikasikan online di Breast Cancer Report edisi 11 Mei 2011, dan melibatkan 5.929 wanita Swedia yang berusia 50-74 tahun. Diketahui bahwa dari para wanita ini, mereka yang minum 5 cangkir kopi setiap hari memiliki risiko kanker payudara ER-negative 33-57% lebih kecil daripada mereka yang minum kopi kurang dari 1 cangkir kopi dalam sehari.


Health Day: Are Coffee Drinkers Less Prone to Aggressive Breast Cancer



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama