Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 06 Mei 2011

Fakta Tentang Makanan Berserat

vegetables
Kita semua sudah tahu bahwa tubuh kita membutuhkan makanan berserat untuk kesehatan. Walaupun begitu, masih banyak orang-orang yang selalu melewatkan makanan berserat untuk hadir di menu mereka sehari-hari. Seberapa pentingkah makanan berserat? Berapa banyak makanan berserat yang perlu kita konsumsi setiap hari? Sekarang, mari kita mengenal lebih jauh mengenai makanan berserat ini.

Serat, atau dalam bahasa asingnya disebut fiber, merupakan salah satu jenis karbohidrat yang membangun struktur daun, batang, dan akar dari tanaman. Namun, berbeda dengan jenis karbohidrat lain yaitu gula dan tepung, serat akan tetap utuh sampai mereka mendekati bagian akhir dari sistem pencernaan kita. Sifatnya inilah yang menjadi salah satu manfaat serat bagi kesehatan.

Apakah benar semua jenis serat sama? Salah. Pada dasarnya, ada dua macam jenis serat dengan fungsi yang berbeda. Yang pertama disebut dengan istilah serat tak larut, yang biasanya ditemukan pada kacang-kacangan dan berbagai sayuran. Strukturnya tebal dan kasar, serta tidak larut dalam air. Serat ini akan utuh sampai akhir dari sistem pencernaan.

Yang kedua adalah serat larut yang terdapat pada oat, buncis, barley, dan beberapa jenis buah. Serat ini dapat larut dalam air dan membentuk struktur seperti gel di dalam saluran pencernaan. Serat ini akan menghambat penyerapan gula ke dalam pembuluh darah. Apabila dikonsumsi rutin setiap hari, serat ini akan dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat).

Apakah benar serat tidak mengandung kalori? Hampir benar. Serat larut dapat menghasilkan kalori sebanyak karbohidrat biasa. Namun, untuk serat tidak larut dapat dikatakan tidak mengandung kalori. Di dalam saluran pencernaan, kedua jenis serat ini tidak dapat dipecah di dalam usus halus. Sedangkan di dalam usus besar, molekul serat larut dapat diubah menjadi asam lemak rantai pendek yang dapat menghasilkan kalori.

Apakah benar serat dapat menurunkan berat badan? Benar. Orang yang menambahkan serat ke dalam diet mereka akan dapat menurunkan berat badan lebih banyak daripada yang tidak. Serat perlu lebih banyak dikunyah dan dapat memperlambat penyerapan nutrien di dalam usus, sehingga tubuh Anda akan berpikir kalau Anda sudah cukup makan. Selain itu, serat dapat menstimulasi hormon CCK, hormon yang menekan nafsu makan.

Benarkah serat dapat mencegah kanker kolon? Mungkin. Peneliti masih berbeda pendapat mengenai hal ini. Namun, dikatakan bahwa asupan serat dapat mencegah berbagai penyakit kronis. Oleh karena itu, para ahli sangat menganjurkan kita untuk meningkatkan asupan serat.

Benarkah kita memerlukan asupan 38 gram serat setiap hari? Salah. 38 gram serat setara dengan 9 buah apel atau 12 mangkuk oatmeal instan. Mungkin bagi beberapa orang jumlah ini terlalu banyak. Oleh karena itu, sesuaikan asupan serat sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagaimanapun juga, apapun yang berlebihan tidaklah baik. Yang terpenting adalah menjaga keseimbangan asupan nutrisi sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh.


Men's Health: The Truth About Fiber



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. memang serat sangatlah penting bagi hidup kita,,
    untuk pencegahan penyakit sekaligus menjaga kita kaum wanita untuk bentuk tubuh,,

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama