Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 22 April 2011

Survei: Dokter Gigi Lebih Seram Daripada Ular Ataupun Laba-laba

tiger snake
Fakta unik datang dari Inggris. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh British Dental Health Foundation menyatakan bahwa kebanyakan orang merasa kunjungan ke dokter gigi lebih menakutkan dibandingkan dengan ular ataupun laba-laba.

Ditanyakan kepada 1.004 orang yang disurvei manakah dari beberapa hal berikut yang membuat mereka paling gugup, yaitu diantaranya ketinggian, terbang, suntikan, dokter, ular, laba-laba, kunjungan ke rumah sakit, dan kunjungan ke dokter gigi. Dari hasil survei ditemukan bahwa setengah dari orang dewasa, khususnya wanita, diklasifikasikan sebagai orang yang memiliki ansietas dental tingkat sedang sampai berat.

Sekitar satu dari lima orang memilih kunjungan ke dokter gigi sebagai sesuatu yang membuat mereka paling takut dibandingkan kategori yang lain. Namun secara statistik, berada di ketinggian adalah juara dari polling ini. Tidak jauh dibawahnya adalah kunjungan ke dokter gigi dan ke rumah sakit. Sedangkan takut terhadap ular berada di urutan ke empat, dan takut terhadap laba-laba berada di urutan ke lima.

Dibandingkan dokter umum, dokter gigi jauh lebih menakutkan. Hasil penelitian tersebut juga menemukan bahwa orang dewasa sepuluh kali lipat lebih takut terhadap dokter gigi (22%) dibandingkan dengan dokter umum (2%).

Adult Dental Health Survey menunjuk 2 perawatan gigi yang menjadi penyebab utama dari rasa takut ini. 3 dari 10 (30%) orang dewasa mengatakan bahwa pemboran gigi merupakan hal yang paling membuat mereka takut. Dengan nilai yang hampir sama (28%), suntikan anestesi lokal menjadi hal yang paling ditakuti selanjutnya.

Dr Nigel Carter, chief executive dari British Dental Health Foundation, mengatakan bahwa semua dokter gigi tahu bahwa ansietas dental merupakan penghalang besar seseorang untuk mengunjungi dokter gigi. Dan hasil penelitian ini bisa menjadi PR besar bagi profesi dokter gigi untuk membangun rasa percaya dari masyarakat.


Dentistry.co.uk: Dentists more scary than snakes and spiders


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama