Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 07 April 2011

Penyakit Gusi Juga Berisiko Untuk Mengakibatkan Stroke

gum disease
Sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa penyakit gusi (periodontitis) membawa risiko yang lebih besar dibandingkan dengan diabetes untuk mengakibatkan stroke. Dan pengaruh penyakit gusi terhadap stroke ini hampir sama besarnya dengan pengaruh hipertensi atau tekanan darah tinggi yang memang merupakan penyebab utama terjadinya stroke.

Beberapa tahun ke belakang, memang sudah berkembang bukti-bukti yang memperlihatkan kaitan antara penyakit gusi (periodontitis) dengan stroke. Dan kini, sebuah penelitian baru menemukan bahwa orang dengan penyakit gusi memiliki risiko hampir dua kali lipat untuk mengalami non-fatal stroke (ischemic stroke) dibanding orang dengan penyakit diabetes.

Penelitian yang dipresentasikan di ajang 89th International Association for Dental Research (IADR) General Session and Exhibition di San Diego bulan lalu ini, merupakan peringatan mengenai seriusnya pengaruh kesehatan mulut yang buruk terhadap kesehatan tubuh secara umum.

Dr Nigel Carter, chief executive dari British Dental Health Foundation, mengatakan, "Obesity, alcohol abuse, poor diet and smoking are generally well-known risk factors that can cause strokes. Less well-known are the risks caused by gum disease."

Beliau menambahkan bahwa ini penelitian ini sangat penting karena membantu mengukur pentingnya kesehatan mulut dan membandingkannya dengan faktor risiko yang lain. Penelitian ini juga mengejutkan, katanya. Karena dengan diketahuinya penyakit gusi memiliki risiko yang sama dengan hipertensi merupakan suatu penemuan yang sangat signifikan. Dan dengan ditemukannya bahwa penyakit gusi memiliki risiko dua kali lipat dalam mengakibatkan non-fatal stroke dibandingkan dengan diabetes, benar-benar di luar dugaan para ahli.

‘The research sends a clear message that the risks caused by poor oral health should not be overlooked or considered less important when compared to others factors,' tambahnya.


Dentistry.co.uk: Gum disease bigger risk than diabetes



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

4 komentar:

  1. gigi dan stroke ada keterkaitan dengan penyakit kardiovaskuler. paling seriing hubungan antara kesehatan gigi dan jantung. semoga informasi ini bermanfaat. ijin berkunjung...

    BalasHapus
  2. saya baru tau nih...trims infonya

    BalasHapus
  3. adanya kerusakan pada gigi sehingga memberikan port de enteri ke pembuluh darah secara sistemik. seringkali bakteri yang masuk ke dalam sirkulis mengendap di katup maka berpeluang terjadi endokarditis...

    BalasHapus
  4. Apakah penyakit gusi bisa d sembuhkan? walaupun sudah parah? apakah ada obatnya?

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama