Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 10 April 2011

Jawaban Konsultasi Kesehatan 10 April 2011

Pertanyaan:
saya adalah salah seorang wanita yg mempunyai masalah besar dengan yang namanya gigi..
yg mau saya tanyakan,apa penyebab dari gigi yg berlubang dan gigi yg rapuh ?
gigi saya banyak skali yg berlubang di makan ulat sampai2 saya uda mencabutnya 3 di bagian atas.padahal kalau kt pikir usia saya kan masih tergolong muda tp sudah banyak gigi yg di cabut,kan kasian..hehe
tolong dong gmn solusinya.


irmawati, 25 tahun, makassar.

Jawaban:

Kebersihan mulut yang buruk merupakan penyebab dari hampir sebagian besar masalah kesehatan mulut yang sering terjadi di masyarakat, salah satunya gigi berlubang. Di dalam mulut kita terdapat bakteri plak yang mengubah zat gula dari makanan menjadi asam. Asam inilah yang mengikis gigi, sehingga lama-kelamaan akan berlubang. Agar tidak terjadi demikian, sikatlah gigi dengan rutin dua kali sehari dengan cara yang benar dan tepat.

Untuk gigi rapuh, biasanya disebabkan oleh gigi berlubang yang tidak ditambal, lalu lama kelamaan lubangnya membesar, menginfeksi jaringan pulpa di dalam gigi, dan lama-kelamaan jaringan pulpa gigi tersebut akan mati. Gigi yang jaringan pulpanya sudah mati, tidak akan mendapat nutrisi makanan dari pembuluh darah yang terdapat di dalam pulpa. Hal ini mengakibatkan struktur gigi menjadi semakin lemah dan mudah rapuh.

Untuk kasus anak Ibu, solusinya adalah mutlak membiasakan anak untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulutnya. Yaitu dengan menyikat gigi dua kali sehari (setelah sarapan dan sebelum tidur), kurangi kebiasaan ngemil atau pindahkan waktu ngemil lebih dekat dengan waktu makan utama. Dokter gigi dapat membantu Ibu untuk mengajarkan cara menyikat gigi yang benar dan tepat.

Lebih lengkap tentang kesehatan gigi dan mulut, dapat Bu Irma baca di buku kami: Serba-Serbi Kesehatan Gigi dan Mulut, yang diterbitkan oleh penerbit buku Bukune.


Pertanyaan:
zat/vitamin/mineral apa yang dapat mempercepat pertumbuhan
muhammad, 17 tahun, rantau


Jawaban:
Pada usia remaja, makan makanan yang benar dan sehat sangat penting, karena tubuh membutuhkan berbagai vitamin dan mineral untuk tumbuh, berkembang, dan tetap sehat.

Yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tidak hanya vitamin dan mineral, tapi juga karbohidrat, protein, dan lemak. Oleh karena itu, perlu sekali memvariasikan jenis makanan yang kita makan agar semua kebutuhan zat gizi tersebut dapat dipenuhi. Apabila hal ini sudah dilakukan, biasanya tidak perlu tambahan suplemen vitamin dan mineral.

Namun, bila kamu khawatir tidak mendapatkan nutrisi tertentu, misalnya karena jarang mengkonsumsi produk susu dan sayur-sayuran, boleh saja diimbangi dengan mengkonsumsi suplemen tambahan yg mengandung kalsium, fosfor dan magnesium.

Selain makanan, aktivitas fisik olah raga juga cukup berpengaruh terhadap pertumbuhan seseorang.


Pertanyaan:
gigi seri saya linu bahkan meskipun nggak untuk nggigit makanan, kayaknya gara-gara kemaren minum anget rada panas. apa yang harus aku lakuin ya biar giginya nggak linu lagi? tolong jawab ya..trims atas jawabanny ^^


nuning tri haryati, 20 tahun, tangerang


Jawaban:
Ada kemungkinan gigi Mbak Nuning perlu dilakukan perawatan saluran akar karena tampaknya sudah terjadi peradangan pulpa yang sifatnya irreversible. Namun, tentunya hal ini membutuhkan pemeriksaan secara langsung untuk memastikan diagnosis yang tepat. Silahkan konsultasikan langsung dengan dokter gigi.


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

4 komentar:

  1. Dok...
    Biaya berobat sakit gigi brp ya? kalo gx tau, dikira2 aja, soalnya gigi saya sakit bget, tp gak brani kedokter gigi takut mahal. kira2 brp biaya kalo cuma diobati, atau kalo skalian ditambal? help plz :'(

    BalasHapus
  2. GigiSehatBadanSehat22 April 2011 09.26

    @arie: sakitnya bagaimana?terus menerus, atau cuma sesaat? timbulnya ketika apa? ketika kemasukan makanan, atau ketika digigitkan atau ditekan?

    karena beda kondisi, maka perawatannya juga berbeda. harganya juga berbeda pula. kalo bisa dibalas lewat email ya. kirim ke redaksigb@gmail.com

    BalasHapus
  3. hai dok. . Beberapa bulan yang lalu sy priksa ke dokter gigi ,katanya tidak ada yg lubang. 1bln kemudian sy mrasakan ada lubang di gigi taring sy, lalu sy ke puskesmas dan minta di priksa, trnyata memang benar ada lubang kecil dsana ( lubang itu di gigi dkat gusi ) stlah dilakukan ketukan sy tdk mrasa sakit lalu ditambalah gigi itu. .tp beberapa minggu kmudian, gusi di skitar gigi itu trasa tiba2 berdenyut dan trasa sperti gigi itu ditarik gusi. Knp ya dok? Apa perlu penambalan ulang? Atau gigi sy iritasi?
    Nb: gigi disebelahnya sdang dlam perawatan akar dan pd sisi yg sama gigi bungsuq tumbuh.

    Trims atas jwbanx
    luqi 19thke dokter gigi ,katanya tidak ada yg lubang. 1bln kemudian sy mrasakan ada lubang di gigi taring sy, lalu sy ke puskesmas dan minta di priksa, trnyata memang benar ada lubang kecil dsana ( lubang itu di gigi dkat gusi ) stlah dilakukan ketukan sy tdk mrasa sakit lalu ditambalah gigi itu. .tp beberapa minggu kmudian, gusi di skitar gigi itu trasa tiba2 berdenyut dan trasa sperti gigi itu ditarik gusi. Knp ya dok? Apa perlu penambalan ulang? Atau gigi sy iritasi?
    Nb: gigi disebelahnya sdang dlam perawatan akar dan pd sisi yg sama gigi bungsuq tumbuh.

    Trims atas jwbanx
    luqi 19th

    BalasHapus
  4. GigiSehatBadanSehat8 Agustus 2011 12.17

    @luqi:
    Kemungkinan besar ada iritasi dari tambalan terhadap gusinya. Biasanya tidak perlu tambalan ulang, hanya diperbaiki sedikit tambalannya.
    namun tentunya perlu dilihat langsung, karena bisa saja ada penyebab lain, misalnya karang gigi ataupun impaksi makanan..

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama