Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 01 Maret 2011

Tips Hindari Flu Dan Mencegah Penularannya

wash hand
Dengan kondisi cuaca yang masih tidak menentu seperti sekarang ini, tentunya wabah flu masih akan terus melancarkan serangannya. Berikut ini beberapa tips lagi untuk menghindari flu dan mencegah penularannya.

1. Stop rokok
Satu lagi alasan kenapa Anda perlu menghentikan kebiasaan merokok. Dikatakan oleh ahli kesehatan bahwa kebiasaan merokok ini ternyata juga dapat meningkatkan kemungkinan Anda untuk terserang infeksi.

2. Tetap fit
Sudah menjadi rahasia umum bahwa gaya hidup yang sehat tentu merupakan upaya yang mutlak dilakukan untuk mencegah penyakit. Makan makanan yang sehat, olahraga yang rutin, dan istirahat yang cukup adalah kata kuncinya. Kalaupun Anda masih terserang penyakit, gaya hidup yang sehat ini akan membantu tubuh Anda untuk pulih lebih cepat.

3. Jaga tangan Anda
Kontak dari tangan ke tangan ataupun kontak dengan benda-benda yang ditutupi oleh partikel virus, lalu Anda gunakan tangan Anda tersebut untuk menyentuh mata, hidung, ataupun mulut merupakan cara penyebaran utama dari virus flu. Oleh karena itu, jagalah tangan Anda tersebut. Dan apabila Anda sedang bersin, mulailah untuk membiasakan mengarahkan mulut Anda ke siku, bukannya ke tangan Anda. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit ini ke orang lain melalui tangan Anda.

4. Lakukan vaksinasi flu
Dikatakan bahwa dengan melakukan vaksinasi flu, maka risiko Anda untuk terserang flu dapat diturunkan mulai dari 50 sampai 90%. Jadi, apabila Anda termasuk orang yang mudah terserang flu, tidak ada salahnya untuk melakukan vaksinasi ini. Bahkan lembaga Centers for Disease Control (CDC) di Amerika menganjurkan semua orang di atas usia 6 bulan untuk melakukan vaksinasi ini.

5. Hindari stres
Lakukanlah berbagai hal yang dapat menghilangkan stres. Stres akan membuat tubuh untuk menghasilkan hormon kortikosteroid secara berlebihan yang akan mempengaruhi kekebalan tubuh terhadap infeksi.

6. Cuci tangan lebih sering
Tidak hanya ketika mandi atau sebelum makan, cucilah tangan Anda juga setelah menggunakan toilet, ketika akan memasak dan menyiapkan makanan, ataupun ketika Anda akan menyentuh mata, hidung, atau mulut. Apabila menurut Anda mencuci tangan di wastafel terlalu merepotkan, Anda dapat menggunakan hand sanitizer yang berbentuk gel.

7. Gunakan piring Anda sendiri
Tidak jarang dalam satu keluarga ada yang memiliki kebiasaan menggunakan perabot rumah tangga seperti piring atau gelas bersama-sama. Padahal piring, gelas, dan semacamnya merupakan media yang cukup baik untuk penyebaran penyakit flu. Dan ketika Anda terserang flu sebaiknya Anda tidak melakukan pekerjaan rumah seperti memasak dan mencuci piring, karena Anda akan menyebarkan kuman ke keluarga Anda.

8. Ambil cuti ketika sakit
Ketika Anda terserang flu, ada baiknya untuk mengambil cuti agar dapat beristirahat total di rumah. Tubuh Anda membutuhkan istirahat untuk menyimpan energi dan kalori untuk melawan infeksi. Plus, bersembunyi di rumah merupakan cara yang paling mudah untuk mencegah penularan flu.

9. Basmi kuman
Virus flu dapat hidup di permukaan rata dan tidak berporus seperti meja dapur, meja kamar mandi, wastafel, maupun toilet sampai lebih dari 3 hari. CDC merekomendasikan untuk membersihkan barang-barang seperti ini dengan menggunakan campuran larutan pemutih pakaian (chlorine) dan air untuk membunuh kuman dan virus. Lap barang-barang tersebut dengan larutan ini, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air.


MSNBC: Don't Get The Flu, Don't Spread It


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama