Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 03 Maret 2011

Sikap Pesimis Akan Menghambat Efektivitas Suatu Terapi

nurse
Sebuah penelitian terhadap otak memperlihatkan bahwa sikap pesimis dari pasien dapat menghambat efektivitas dari suatu terapi perawatan kesehatan, sehebat apapun terapi itu. Untuk itu, dokter sangat perlu memperhatikan sikap dari pasien yang dirawatnya terhadap perawatan yang dilakukannya.

Percaya atau tidak, rasa percaya kita terhadap suatu terapi akan mempengaruhi hasil perawatan dari terapi tersebut. Bila kita yakin suatu terapi akan dapat menyembuhkan, maka kita pun dapat sembuh walaupun sebenarnya terapi tersebut sebenarnya tidak memberikan pengaruh apapun. Dalam penelitian hal ini biasa disebut dengan istilah efek placebo.

Begitu pun sebaliknya, bila kita memiliki anggapan bahwa terapi yang dilakukan tidak manjur, maka hasil perawatannya tidak akan memperlihatkan hasil yang optimal.

Mengenai efek placebo ini, sebenarnya peneliti sudah tahu sejak lama. Mereka dapat mengukur efek placebo ini dengan membandingkan pengaruh obat betulan dengan obat bohongan. Naracoba yang diberikan obat bohongan diyakinkan bahwa obat yang diberikannya itu benar-benar obat asli dan ternyata tindakan ini benar-benar memberikan efek terapi.

Sementara itu, penelitian lain mencoba mempelajari pengaruh dari pikiran pesimis terhadap efektivitas suatu terapi perawatan. Dan mereka pun berhasil membuktikannya juga. Dikatakan bahwa sikap pesimis ini juga akan turut mempengaruhi rasa cemas seseorang, dan dapat mempengaruhi hasil dari suatu tindakan perawatan.

Sementara hal ini perlu diteliti lebih dalam lagi, untuk sekarang para dokter dan tenaga kesehatan dirasa perlu untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan pasiennya untuk meningkatkan rasa percaya terhadap perawatan yang mereka rekomendasikan. Pasien juga perlu membangun harapan yang kuat dan positif untuk sembuh serta membangun rasa percaya terhadap tenaga kesehatan yang memberikannya perawatan.

Untuk membangun rasa percaya, dokter juga perlu bersikap lebih terbuka. Bila suatu tindakan perawatan akan menimbulkan rasa sakit, maka katakanlah hal tersebut kepada pasien. Dengan begitu pasien akan merasa bahwa dia tidak dibohongi sehingga dapat timbul rasa percaya pasien terhadap dokternya, termasuk dia akan percaya bila dokternya mengatakan bahwa penyakitnya ini dapat disembuhkan.


Associated Press: Better think positive: Pessimism can block therapy


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama