Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 02 Maret 2011

Kereta Belanja Supermarket Lebih Kotor Dari Toilet

shopping cart
Setiap hari, orang berbelanja di supermarket membawa kereta ataupun keranjang belanja. Beberapa kereta belanja bahkan dilengkapi kursi kecil sebagai tempat duduk bagi mereka yang membawa balitanya berbelanja. Namun, sebuah penelitian di Amerika memperlihatkan fakta yang cukup mengejutkan bahwa ternyata pegangan kereta belanja di supermarket ternyata mengandung lebih banyak bakteri E. coli daripada toilet.

Peneliti dari University of Arizona mencoba mengambil sampel bakteri di pegangan kereta belanja di empat negara bagian Amerika. Dari 85 kereta belanja yang diperiksa komposisi bakterinya, ternyata 72 persen ditemukan adanya bakteri-bakteri feses.

Diteliti lebih lanjut lagi dari 36 kereta belanja yang diperiksa, ditemukan bahwa 50% atau setengahnya mengandung E. coli.

Dikatakan bahwa jumlah ini lebih banyak daripada jumlah bakteri feses yang terdapat di toilet. Kenapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan toilet itu rutin dibersihkan dengan menggunakan disinfektan, sedangkan pegangan dari kereta belanja tidaklah demikian.

Hal inilah yang bisa menjadi jawaban dari penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa anak-anak yang biasa mengendarai kereta belanja lebih mudah mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti salmonella dan campylobacter.

Cara paling baik untuk melindungi anak Anda yang akan mengendarai kereta belanja adalah dengan membersihkan terlebih dahulu pegangan kereta belanja menggunakan disinfektan pembersih tangan.

Kalau begitu, bukan hanya pegangan kereta belanja yang perlu diwaspadai. Semua benda yang disentuh oleh umum juga perlu diperhatikan, seperti misalnya gagang pintu, pegangan tangga, dan semacamnya.


MSNBC: E. coli Found On 50 percent of Shopping Carts


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. ya karena disana kalau buang air besar ga pake air tapi cuman pake tisu, terus pada lupa ga cuci tangan dengan sabun, ya begitulah hasilnya..

    BalasHapus
  2. harusnya kebersihan trolley itu juga diperhatikan tuh...

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama