Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 25 Maret 2011

Alternatif Lain Pengganti Benang Gigi

phillips sonicare airfloss
Bagian sela-sela gigi merupakan bagian yang sangat sulit untuk dibersihkan dengan sikat gigi. Bagaimanapun desain bulu sikat gigi, tetap tidak akan dapat menggantikan fungsi benang gigi atau dental floss. Kini Phillips memperkenalkan suatu alat yang diklaim dapat menggantikan fungsi benang gigi namun dengan penggunaan yang jauh lebih mudah.

Diperkenalkan minggu ini pada event International Dental Show 2011 di Cologne, Jerman, alat ini diberi nama dagang Sonicare Airfloss. Dikatakan bahwa alat ini dapat membersihkan plak sampai 99% dibandingkan dengan hanya menyikat gigi saja.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Phillips, diketahui bahwa alat ini dapat menghilangkan plak sampai 99% lebih banyak dibandingkan dengan penggunaan sikat gigi saja dan pasien merasakan penggunaan Sonicare Airfloss ini jauh lebih mudah daripada menggunakan benang gigi. Pasien juga mengatakan bahwa penggunaan alat ini lebih cepat dan lebih tidak sakit dibandingkan dengan menggunakan benang gigi.

Alat ini bekerja dengan cara menyemburkan angin dan percikan air secara cepat ke daerah sela-sela gigi dan memaksa lapisan plak untuk keluar. Dengan cara kerjanya ini, maka Sonicare Airfloss dimasukkan ke dalam kategori baru sebagai alat penjaga kebersihan mulut.

Cukup menarik memang. Namun, tidak ada salahnya untuk dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas alat ini dibandingkan dengan penggunaan benang gigi dalam membersihkan plak.


Dentistry.co.uk: The newest innovations in interproximal cleaning



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

2 komentar:

  1. very informative... !! sayang gak ada gambarnya yah alatnya seperti apa sih.... hehe

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama