Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 14 Februari 2011

Kandungan Merkuri Dalam Ikan Tuna Patut Diwaspadai

Mungkin Anda sudah mendengar bahwa saat ini ikan tuna banyak yang mengandung logam berbahaya yang bernama merkuri akibat proses pencemaran laut. Namun, seberapa berbahayakah kandungan merkuri dalam ikan tuna ini? Lembaga Consumer Reports Amerika Serikat mencoba mencari tahu mengenai hal ini.

Dari 42 sampel tuna kalengan yang diperiksa, mereka menemukan bahwa terdapat kandungan merkuri pada setiap kaleng ikan tuna. Kadar merkuri dalam setiap tuna bervariasi, antara 0.018 sampai 0.774 ppm. Angka tersebut masih tergolong aman menurut lembaga FDA Amerika, karena menurut mereka batas aman kandungan merkuri adalah 1 ppm. Namun, jika mengikuti pendapat lembaga Environmental Protection Agency, kisaran angka ini sudah melebihi batas aman menurut mereka, yaitu maksimal 0.5 ppm.

FDA dan EPA memang belum memiliki ketetapan yang sama. Mereka masih berusaha mengetahui berapa kadar pasti dari merkuri yang membahayakan kesehatan manusia. Selain itu, hal tersebut juga dipengaruhi oleh berat badan seseorang dan kemampuan tubuh untuk memecah merkuri tersebut sebelum bahan ini mengendap di dalam jaringan tubuh.

Tiap jenis ikan tuna memiliki kadar merkuri yang berbeda. Dikatakan oleh Consumer Reports bahwa tuna putih merupakan ikan tuna yang memiliki kadar merkuri tertinggi di antara jenis tuna yang lain. Karena tuna putih merupakan ikan besar yang berada di rantai makanan tingkat atas, sehingga ikan ini mengakumulasi lebih banyak merkuri.

Jadi, berapa banyak ikan tuna dapat kita konsumsi? Consumer Reports merekomendasikan laki-laki dewasa untuk membatasi konsumsi tuna putih sebanyak 5 ounce (142 gram) dan 14,5 ounce (411 gram) ikan tuna kecil. Namun, untuk lebih akuratnya Anda dapat mengetahui batas maksimal konsumsi tuna berdasarkan berat badan Anda melalui Tuna Calculator dari Consumer Reports berikut: http://www.ewg.org/tunacalculator

Merkuri merupakan bahan yang berbahaya bagi janin yang sedang berkembang dalam kandungan serta bagi anak-anak. Dalam dosis yang cukup tinggi, merkuri dapat mengakibatkan gangguan neurologis dan jantung bahkan pada orang dewasa sekalipun.


Men's Health: Mercury in Your Tuna: Should You Be Concerned?


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

2 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama