Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 25 Februari 2011

5 Rahasia Yang Tidak Perlu Anda Sembunyikan Dari Dokter Anda

stethoscope
Katanya bohong itu dosa. Tapi ketika berhadapan dengan dokter, ada beberapa hal yang mungkin Anda sembunyikan. Alasannya bermacam-macam, mungkin karena malu, takut diomeli oleh dokter, menganggap itu bukan hal yang penting dan lain sebagainya. Namun, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda ceritakan dengan jujur kepada dokter Anda.

1. Penggunaan obat yang sudah diresepkan dokter.
Dokter Anda sudah memberikan resep obat kepada Anda. Namun, Anda tidak membelinya, mungkin karena harganya terlalu mahal, atau asuransi Anda tidak mau menanggungnya. Bisa juga Anda sudah membelinya, namun Anda tidak meminumnya dengan teratur sesuai anjuran.

Begitu Anda kembali lagi ke dokter Anda dan mengatakan bahwa penyakit Anda belum sembuh, tentu dokter akan menanyakan apakah obatnya sudah diminum. Apa yang akan Anda jawab? Mungkin Anda akan mengatakan bahwa Anda sudah meminumnya sesuai aturan karena takut diomeli oleh dokter.

Mengapa Anda harus jujur untuk hal ini?
Dokter akan mengira bahwa Anda benar-benar sudah mengkonsumsi obat sesuai dengan aturan. Dan ada kemungkinan dia akan menganggap bahwa dosis obat yang sudah diberikan masih kurang karena tidak memberikan efek penyembuhan, sehingga dokter akan menambahkan dosis obat tersebut yang kemungkinan bisa menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Apabila Anda merasa bahwa obat yang diresepkan terlalu mahal, jangan segan-segan untuk kembali berkonsultasi dengan dokter Anda dan meminta untuk diresepkan obat generik yang lebih terjangkau.


2. Cara Anda menguruskan badan.
Anda mencoba menguruskan badan dengan cara mengkonsumsi jus lemon selama seminggu. Anda tidak memberitahukan hal ini, karena tahu dokter Anda tidak akan menyetujuinya.

Mengapa Anda harus jujur untuk hal ini?
Diet ekstrim, mulai dari yang melibatkan bahan laksatif sampai "yang lebih sehat" seperti jus, kesemuanya memiliki risiko apabila dilakukan sampai beberapa hari bahkan apabila Anda dalam kondisi yang oke. Anda dapat mengalami dehidrasi dan merusak keseimbangan elektrolit di dalam tubuh Anda. Hal ini dapat berbahaya diantaranya bagi ginjal dan jantung.

Bicarakan dengan dokter Anda mengenai program penurunan berat badan yang baik dan aman.


3. Kehidupan sex Anda
Mungkin tidak mudah mengingat berapa orang yang pernah berhubungan sex dengan Anda. Atau mungkin, agak sulit bagi Anda untuk mengakui bahwa Anda pernah menjadi korban pelecehan seksual.

Mengapa Anda harus jujur untuk hal ini?
Ketika dokter menanyakan mengenai kehidupan seksual Anda, bukan berarti dia bermaksud akan menceramahi cara hidup yang benar. Pertanyaan ini digunakan untuk mengetahui kemungkinan adanya penyakit menular seksual, sehingga dokter akan dapat merencanakan pemeriksaan klinis lebih lanjut.

Dianjurkan juga bagi sebuah pasangan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seksual ke gynekolog secara terpisah. Sehingga masing-masing dari mereka dapat bebas bercerita mengenai kehidupan seksnya dengan lebih terbuka.

Selain itu, dengan bersikap jujur tentang hal ini, dokter Anda mungkin akan dapat membantu membuat kehidupan seks Anda lebih baik. Misalnya bagi mereka yang punya masalah dengan libido, dan lain sebagainya.


4. Riwayat penyakit keluarga
Anda memiliki orang tua yang menderita HIV AIDS. Mungkin Anda tidak mau menceritakan hal ini kepada semua orang, termasuk kepada dokter Anda.

Mengapa Anda harus jujur untuk hal ini?
Beberapa penyakit ada yang dapat diketahui melalui riwayat keluarga. Penyakit-penyakit seperti jantung dan diabetes perlu diketahui lebih dini supaya Anda dapat terhindar dari penyakit tersebut. Dan salah satu caranya adalah dengan Anda menceritakan riwayat penyakit dalam keluarga ini kepada dokter Anda.

Dengan menceritakan riwayat kesehatan keluarga Anda dengan jujur, maka dokter Anda akan lebih mudah dan cepat dalam menentukan diagnosis penyakit yang tepat.


5. Konsultasi dengan dokter lain
Mungkin Anda bermaksud menjaga perasaan dari salah satu dokter Anda, sehingga Anda tidak bercerita bahwa Anda juga sedang melakukan perawatan kesehatan dengan dokter lain.

Mengapa Anda harus jujur untuk hal ini?
Ketika Anda sedang melakukan perawatan kesehatan dengan dua atau lebih dokter, Anda perlu menceritakan perawatan apa saja yang sudah diberikan oleh masing-masing dari mereka. Dengan begitu, mereka akan dapat membandingkan hasil pemeriksaan mereka, memastikan bahwa tidak ada interaksi obat yang mengganggu proses perawatan, dan memastikan bahwa perawatan yang mereka berikan dapat sama-sama bekerja dengan baik. Hal ini juga termasuk ketika Anda melakukan perawatan pengobatan alternatif.


MSNBC: 'I'm cheating on you:' 5 secrets you shouldn't keep from your doc


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama