Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 11 Februari 2011

3 Makanan Penurun Tekanan Darah

celery
Tekanan darah yang tinggi atau hipertensi dapat mengakibatkan risiko stroke dan penyakit jantung. Terkadang kondisi ini juga tidak memperlihatkan gejala apapun seperti misalnya sakit kepala. Walaupun begitu, hipertensi tetaplah perlu ditanggulangi karena dikhawatirkan berdampak buruk pada organ-organ dalam kita yang lain. Ada beberapa jenis makanan yang dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Berikut ini diantaranya:

1. Seledri
Seledri mengandung suatu phytochemical yang disebut phtalides. Senyawa ini dapat menenangkan jaringan otot pada dinding arteri dan meningkatkan aliran darah. Mark Houston, M.D., direktur Hypertension Institute di St. Thomas Hospital, Amerika Serikat, menceritakan bahwa pasiennya dapat menurunkan tekanan darah sampai 6 poin sistol dan 3 poin diastol hanya dengan memakan 4 stik seledri sehari.

2. Rumput laut
Jenis makanan ini cukup populer di Jepang. Ada 4 jenis rumput laut: hijau, coklat, merah, dan biru kehijauan. Kesemuanya kaya akan nutrisi. Rumput laut merupakan sumber kalsium yang cukup baik. Mereka juga mengandung potassium yang penting untuk menjaga tekanan darah yang sehat.

3. Labu siem
Makanan ini cukup dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Labu siem dikatakan sangat baik untuk menurunkan tekanan darah yang tinggi. Caranya pun cukup mudah. Satu buah labu siem segar diparut, lalu diperas airnya. Airnya ini diminum 2 kali sehari, setiap pagi dan sore.


Source: Men's Health, Kiat Hidup Sehat

Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama