Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 14 Januari 2011

Musik Sama Nikmatnya Dengan Sex, Kata Otak Anda

piano music
Hampir semua orang suka musik, sama alasannya seperti mereka suka makan ataupun sex. Kenapa? Ternyata karena musik juga dapat membuat otak kita melepaskan suatu zat kimia yang dapat memberikan kepuasan.

Zat kimia tersebut bernama dopamine. Dopamine normalnya dapat membantu kita untuk merasakan kenikmatan saat makan ataupun berhubungan sex.

Namun, tidak semua jenis musik memberikan efek yang sama. Selera musik juga memiliki pengaruh yang cukup besar. Karena, dalam penelitian ditemukan bahwa ternyata otak seseorang yang dipantau menggunakan PET scan akan mengeluarkan dopamine lebih banyak di suatu regio yang disebut striatum apabila mereka mendengarkan musik favorit mereka, dibandingkan apabila mereka mendengarkan musik lain yang tidak mereka sukai.

Dan tidak hanya musik yang menjadi cultural experience yang mempengaruhi aktivitas otak dalam menciptakan suatu kenikmatan. Karena peneliti lain menemukan bahwa kenikmatan ini juga bisa diperoleh ketika seseorang mempelajari ilmu kesenian.


MSNBC: To your brain, music is as enjoyable as sex



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. ternyata manfaat musik itu sangat penting untuk merefreshkan otak ini. selain untuk menghibur juga untuk relaxsasi otak juga yaa..

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama