Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Rabu, 12 Januari 2011

Alat Untuk Hilangkan Suara Bor Dokter Gigi

dentist drill
Bagi beberapa pasien gigi, suara bor dapat meningkatkan rasa kecemasan mereka ketika melakukan perawatan. Kini sebuah alat telah diciptakan untuk menghilangkan suara menakutkan tersebut, namun tidak menghilangkan suara lain seperti suara dokter gigi yang merawatnya. Pasien pun dapat melakukan perawatan dengan lebih nyaman.

Alat baru ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan headphone penghilang suara, namun dirancang hanya untuk menghilangkan suara high pitch dari bor gigi.

Pasien hanya perlu menggunakan headphone tersebut, mencolokkannya ke alat pemutar musik milik mereka seperti mp3 player ataupun handphone, sehingga mereka juga dapat melakukan perawatan sambil mendengarkan musik. Lalu, suara-suara yang tidak enak seperti suara bor gigi ataupun suction saliva akan hilang begitu saja namun tanpa menghilangkan suara dokter gigi yang merawatnya.

Alat ini memiliki microphone dan chip yang dapat menganalisa gelombang suara yang masuk. Dia akan menghasilkan gelombang yang terbalik sehingga suara yang tidak menyenangkan seperti bor gigi akan hilang. Alat ini juga menggunakan teknologi yang disebut "adaptive filtering" dimana filter elektronik akan mengunci pada suatu gelombang tertentu dan menghilangkannya. Sehingga, apabila amplitudo ataupun frekuensi suara dari bor berubah maka alat ini tetap dapat tetap menangkapnya.

Alat ini merupakan ide dari Professor Brian Millar dari King's College London's Dental Institute yang terinspirasi dari Lotus, sebuah perusahaan pembuat mobil yang mengembangkan suatu sistem untuk menghilangkan suara bising lalu lintas di jalanan, namun tidak meghilangkan suara penting seperti sirine ambulans. Lalu, dengan kolaborasi selama lebih dari 1 dekade dengan para ahli di runel University dan London South Bank University maka terciptalah alat ini.

Alat ini belum tersedia bagi para praktisi gigi untuk saat ini. Namun King telah mendapat panggilan dari para investor untuk membantunya menghadirkan alat ini ke pasaran.

Professor Brian Millar mengatakan, "Many people put off going to the dentist because of anxiety associated with the noise of the dentist's drill. But this device has the potential to make fear of the drill a thing of the past."

"The beauty of this gadget is that it would be fairly cost-effective for dentists to buy, and any patient with an MP3 player would be able to benefit from it, at no extra cost. What we need now is an investor to develop the product further, to enable us to bring this device to as many dental surgeries as possible, and help people whose fear of visiting the dentist stops them from seeking the oral healthcare they need."


Medical News Today: New Device Set To Combat Fear Of The Dentist's Drill


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. t.beny@ymail.com7 Mei 2011 06.48

    Kalau barangnya dah ada tolong kabari yah???
    tertarik nih...kan jadi gak takut ke dokter Gigi

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama