Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 05 Desember 2010

Waspadalah Terhadap Osteoporosis Bagi Wanita Yang Berperut Buncit!

big fat women
Tidak hanya berisiko terhadap kesehatan jantung dan diabetes, perut yang gendut juga dapat meningkatkan risiko osteoporosis bagi wanita menurut sebuah penelitian terbaru.

Dalam penelitian terhadap 50 orang wanita premenopause dengan berbagai ukuran tubuh, para peneliti dari Harvard menemukan bahwa wanita yang memiliki lebih banyak timbunanan lemak di perutnya cenderung memiliki kepadatan tulang yang lebih rendah, yang nantinya akan mengarah kepada kondisi osteoporosis.

Hal ini tentunya menyangkal pendapat terdahulu yang menyatakan bahwa berat badan ekstra dapat melindungi diri dari osteoporosis.

Osteoporosis sendiri dapat diakibatkan oleh beberapa faktor risiko, diantaranya defisiensi hormon estrogen, asupan makanan yang kurang kalsium dan vitamin D, kelainan pola makan, pengaruh beberapa jenis obat-obatan, gaya hidup yang tidak sehat, terlalu banyak mengkonsumsi alkohol, dan kebiasaan merokok.

Apa yang membuat timbunan lemak di perut lebih berbahaya daripada di bagian tubuh lainnya? Lemak jenis ini ternyata dapat melepaskan asam lemak ke organ hati. Dia juga akan mengakibatkan dikeluarkannya hormon dan substansi lain yang berpengaruh terhadap jantung dan pankreas, bahkan mungkin juga berpengaruh langsung terhadap tulang.

Kesimpulannya, memiliki berat badan yang sehat dan usaha untuk mengendalikan lemak di perut telah menjadi suatu hal yang sangat penting apabila dilihat dari berbagai sudut. Mulailah untuk membiasakan diri berolah raga. Anda bisa memulainya dengan olah raga ringan seperti jalan cepat. Menjaga postur tubuh untuk tetap tegak juga dapat sedikit membantu membakar lemak di perut tanpa Anda sadari. Karena setiap Anda menegapkan tubuh, otot perut Anda akan terus berkontraksi sehingga lemak di daerah perut pun akan ikut terbakar.





Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama