Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 16 Desember 2010

Transplantasi Dapat Menyembuhkan AIDS

hiv aids red ribbon
Sebuah terapi transplantasi darah yang dilakukan terhadap seorang laki-laki Amerika yang hidup di Berlin tampaknya dapat menyembuhkan penyakit AIDS yang dideritanya. Bagaimana bisa?

Pada usia 40 tahun, yaitu sekitar 3 tahun yang lalu, pasien ini melakukan transplantasi blood stem cell untuk mengobati leukemia yang dideritanya. Ternyata, pendonornya tidak hanya memiliki kecocokan darah dengan dirinya, tapi juga telah mengalami mutasi genetik yang membuatnya kebal terhadap penyakit AIDS.

Sekarang, pasien AIDS ini tidak menunjukkan tanda-tanda penyakit tersebut, baik leukemia maupun AIDS. Walaupun begitu, dokter yang menanganinya mengatakan bahwa pendekatan terapi ini belum dapat dijadikan terapi standar untuk perawatan AIDS.

Dr. Michael Saag dari University of Alabama menambahkan bahwa terapi ini terlalu berisiko untuk menjadi terapi standar perawatan AIDS, walaupun kita dapat menemukan pendonor yang cocok. Disamping itu biayanya pun cukup mahal. Meski begitu, temuan ini bisa menjadi petunjuk bahwa pendekatan terapi gen bisa saja menjadi alternatif yang potensial untuk menyembuhkan HIV AIDS.

Saat ini, transplantasi sumsum tulang maupun transplantasi blood stem cell yang juga semakin cukup banyak dilakukan merupakan terapi pilihan untuk mengatasi penyakit kanker darah, dengan tingkat risiko terhadap orang sehat yang masih belum diketahui.


Associated Press: Transplant May Cure Man of AIDS

Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama