Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 14 Desember 2010

Mengetahui Kepribadian Seseorang Dari Cara Tidurnya

baby sleep
Orang bisa saja menyembunyikan sifat asli mereka di kehidupan sosialnya. Namun, menurut sebuah penelitian Anda sebenarnya dapat mengetahui kepribadian seseorang yang sebenarnya melalui cara tidurnya. Seperti apa? Simak penjelasannya berikut ini.

Ilmuwan percaya bahwa posisi yang biasa dilakukan seseorang ketika tidur dapat menjadi petunjuk penting mengenai kepribadian orang tersebut.

Professor Chris Idzikowski, direktur dari Sleep Assesment and Advisory Service, telah menganalisa 6 posisi tidur yang paling umum. Dia pun menemukan bahwa tiap posisi berhubungan dengan jenis kepribadian tertentu.

Berikut ini adalah 6 posisi tersebut beserta penjelasannya:

1. The Foetus (Janin)
Orang yang memiliki kebiasaan posisi tidur melingkar seperti foetus atau janin di dalam kandungan merupakan orang yang dari luar terlihat kuat, namun sebenarnya dia memiliki hati yang sensitif. Apabila mereka bertemu dengan orang yang baru dikenalnya, mereka cenderung pemalu. Tapi mereka dapat dengan segera mengakrabkan diri.

Posisi tidur ini merupakan posisi yang paling banyak dilakukan orang dalam penelitian ini, yaitu sekitar 41% dari 1.000 orang yang diperiksa.

2. Log (15%) (Batang Kayu)
Posisi ini dilakukan dengan cara berbaring di satu sisi atau menyamping, dengan kedua tangan berada di samping tubuh. Orang dengan posisi tidur seperti ini biasanya mudah bergaul, suka berada di keramaian, dan mudah percaya terhadap orang yang baru dikenalnya sehingga mudah sekali ditipu orang.

3. The Yearner (13%) (Si Perindu)
Orang yang tidur menyamping dengan kedua tangan ditekuk di depan tubuhnya merupakan orang yang memiliki sifat terbuka. Namun mereka juga bisa menjadi orang yang curigaan dan suka sinis. Mereka cenderung lambat dalam mengungkapkan apa yang ada di pikiran mereka. Namun apabila mereka sudah membuat suatu keputusan, maka mereka akan berpendirian teguh dengan keputusannya tersebut.

4. Soldier (8%) (Tentara)
Tidur dengan posisi terlentang, dengan kedua tangan berada di sisi tubuh biasanya dilakukan oleh orang yang pendiam dan suka menyendiri. Mereka tidak suka keributan dan mereka memiliki standar yang tinggi terhadap diri mereka sendiri maupun orang lain.

5. Freefall (7%) (Jatuh Bebas)
Orang-orang ini tidur dengan cara terlungkup, dan kedua tangannya memeluk bantal dengan posisi kepala mengahadap ke samping. Mereka biasanya merupakan orang yang suka berkumpul dengan teman-temannya, namun mereka juga bisa menjadi orang yang kurang ajar atau tidak sopan. Orang-orang ini sebenarnya lemah di dalamnya dan tidak bisa menerima kritik dari orang lain. Mereka juga tidak suka berada di situasi yang ekstrim.

6. Starfish (5%) (Bintang Laut)
Orang yang tidur terlentang dengan kedua tangan ke atas sambil memeluk bantal merupakan orang-orang yang bisa menjadi teman yang sangat baik. Mereka mau mendengarkan cerita ataupun curhatan orang lain, dan mereka pun mau membantu apabila dibutuhkan. Orang-orang dengan posisi tidur seperti ini biasanya tidak suka menjadi pusat perhatian.

Selain menganalisis posisi tidur dan kepribadian seseorang, Professor Idzikowski juga memeriksa efek berbagai posisi tidur terhadap kesehatan.

Beliau menyimpulkan bahwa posisi freefall merupakan posisi tidur yang baik untuk kesehatan pencernaan. Sedangkan posisi starfish dan soldier cenderung membuat seseorang untuk tidur mendengkur dan memiliki tidur malam yang buruk.

Apapun posisi tidur Anda, kami ucapkan selamat malam...tidur yang nyenyak! : )


BBC: Sleep position gives personality clue



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama