Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 03 Desember 2010

Kanker Prostat Dapat Diketahui Dari Jari Tengah

finger hand
Panjang jari tengah dapat dijadikan petunjuk mengenai risiko terhadap kanker prostat, menurut sebuah penelitian British Journal of Cancer.

Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa laki-laki yang memiliki jari tengah lebih panjang daripada jari manisnya ternyata memiliki risiko yang secara signifikan lebih kecil untuk mengalami kanker prostat.

Hal ini ditemukan oleh para peneliti setelah mereka membandingkan tangan dari 1.500 pasien kanker prostat dengan tangan 3.000 orang laki-laki sehat.

Panjang jai tengah ditentukan sebelum seseorang lahir dan diduga berhubungan dengan tingkat paparan hormon seks di dalam kandungan.

Paparan yang lebih kecil terhadap hormon testosteron sebelum bayi tersebut lahir akan menghasilkan jari tengah yang lebih panjang dan dapat melindungi dirinya dari kanker prostat di kemudian hari, kata para peneliti di University of Warwick dan Institute of Cancer Research.

Namun, hal ini bukan berarti lai-laki yang memiliki jari tengah yang lebih pendek sudah pasti akan mengalami kanker prostat. Dengan tetap menjaga pola hidup yang sehat, mereka juga bisa terhindar dari penyakit ini.


BBC: Index finger cancer clue





Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama