Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 23 Desember 2010

Jauh Dari Sakit Di Musim Hujan

sick cold
Musim hujan identik dengan musimnya penyakit. Anda yang langganan penyakit di musim hujan mungkin dapat mencoba tips-tips kesehatan berikut untuk menjaga daya tahan tubuh Anda di musim hujan.

1. Probiotik
Probiotik ternyata tidak hanya dapat melawan mikroorganisme jahat di dalam usus, tapi juga dapat memengaruhi sel T. Sel T merupakan sel darah putih yang penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh Anda.

Selain dari makanan seperti yogurt ataupun tempe, Anda juga dapat menambah asupan probiotik 60-90 mg setiap pagi selama musim hujan ini.


2. Tingkatkan asupan vitamin D
Vitamin D merupakan supernutrien yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang, melawan inflamasi, dan meningkatkan mood Anda. Tidak hanya itu, vitamin D ternyata juga diketahui dapat melawan infeksi di dalam tubuh. Mereka yang sudah terkena infeksi pun akan lebih cepat pulih dari penyakit. Karena vitamin D dapat membantu tubuh Anda untuk memroduksi protein yang disebut cathelicidin yang dapat melawan bakteri dan virus.

Untuk menambah asupan vitamin D selama musim hujan, Anda bisa menambahkannya dari suplemen vitamin D 1.000 IU yang diminum 2 kali sehari, selain dari makanan seperti salmon maupun produk-produk susu.


3. Pijat
Pijat rutin selama 20 menit dapat menurunkan kadar kortisol, yaitu suatu hormon stres yang ikut berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh. Dengan menurunnya kadar kortisol di dalam tubuh, maka sistem kekebalan tubuh Anda pun akan meningkat.

Tidak harus pergi ke spa, Anda juga dapat melakukannya sendiri di rumah. Baik dengan menggunakan alat, maupun dengan bantuan anggota keluarga.

4. Batasi asupan kalori
Bahkan orang yang sedikit gemuk pun yang dapat membatasi asupan kalori sampai 10% juga dapat memiliki sel T yang lebih sehat. Hal ini dikarenakan ekstra berat badan dapat memicu tubuh untuk melepaskan suatu zat yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa hal yang mungkin bisa Anda lakukan diantaranya dengan menyiapkan persedian permen karet free sugar yang dapat Anda kunyah ketika Anda ingin ngemil, mengganti minuman ringan dengan green tea, dan sebagainya.


5. "Gaul"
Dekat dengan orang lain seperti teman ataupun tetangga juga dapat memberikan manfaat kesehatan. Sebuah penelitian menunjukkan orang penyendiri memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah. Dan mereka biasanya juga memiliki tingkat stres yang lebih tinggi.


Women's Health: Cold Remedies; Never Get Sick Again





Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama