Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 26 Desember 2010

Coklat Dilirik Sebagai Bahan Kandungan Obat Batuk

cough medicine
Dulu orang tua sering melarang kita makan coklat, salah satunya dengan alasan dapat menyebabkan batuk. Siapa sangka, justru sekarang coklat dilirik oleh para ilmuwan sebagai bahan kandungan dari obat batuk itu sendiri.

Para peneliti mengklaim bahwa suatu zat di dalam coklat akan segera menjadi salah satu bahan aktif yang terkandung di dalam obat untuk batuk yang persisten, yaitu batuk yang menetap lebih dari dua minggu. Zat itu bernama theobromine.

Kebanyakan obat batuk sekarang mengandung suatu bahan yang tergolong narkotika yang disebut codeine untuk meredakan gejala batuk. Namun, pada bulan Oktober Medicines and Health products Regulatory Agency (MHRA) mengatakan penderita batuk yang berusia di bawah 18 tahun tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat batuk yang mengandung codeine karena risikonya lebih besar daripada manfaatnya.

Peneliti mengatakan bahwa theobromine tidak memiliki efek buruk tersebut, dan dikatakan bahwa zat ini bekerja langsung terhadap saraf vagus yang memiliki andil terhadap gejala batuk persisten. Karena zat ini tidak memiliki rasa, obat yang mengandung bahan ini pun dapat dikonsumsi pula oleh mereka yang tidak suka coklat.

Obat tersebut akan memasuki uji terakhirnya pada beberapa bulan ke depan dan rencananya akan berada di pasaran sekitar 2 tahun mendatang.


BBC News: 'Chocolate cough remedy' in sight





Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama