Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 30 Desember 2010

6 Tanda Kurang Tidur

Tidur merupakan kebutuhan manusia yang vital, sama pentingnya dengan makan. Kurang tidur yang kronis dapat menimbulkan masalah-masalah seperti darah tinggi, depresi, produksi hormon yang tidak teratur, dan lain sebagainya. Jadi, apakah Anda termasuk orang yang kurang tidur?

Berikut ini adalah 6 hal yang menandakan bahwa Anda perlu menekan tombol snooze ketika alarm hp Anda berbunyi:

1. Merasa Kenyang Ataupun Lapar Terus-Menerus
Kurang tidur dapat membuat Anda untuk terus-menerus merasa lapar, tapi juga dapat membuat Anda untuk merasa kenyang terus-menerus. Sehingga banyak orang yang mengalami kehilangan ataupun penambahan berat badan selama periode kurang tidur ini.

2. Kurang Konsentrasi
Merasa sulit menyelesaikan suatu pekerjaan, persoalan ataupun masalah? Bisa jadi ini diakibatkan kurangnya waktu tidur. Kurang tidur dapat menyebabkan Anda kesulitan untuk fokus terhadap sesuatu.

3. Daya Ingat Berkurang
Sering lupa dimana Anda meletakkan kunci rumah? Berkurangnya daya ingat juga merupakan pertanda bahwa Anda kurang tidur. Otak Anda membutuhkan tidur untuk kembali segar dan beregenerasi. Tanpa hal tersebut memori jangka pendek Anda akan terganggu.

4. Tidak Dapat Mengikuti Percakapan
Berkurangnya konsentrasi akibat kurang tidur akan membuat Anda kesulitan untuk mengikuti omongan orag lain. Komunikasi pun jadi terganggu.

5. Sering Merasa Mengantuk
Mudah mengantuk ketika mengikuti sebuah rapat ataupun ketika mengemudi? Ini juga merupakan suatu pertanda bahwa Anda membutuhkan waktu tidur lebih lama.

6. Merasa Tidak Enak Badan
Selama tidur, sistem kekebalan tubuh Anda diperbaiki dan diperkuat. Jadi, cukupkanlah waktu tidur Anda, makan makanan yang sehat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, olah raga teratur agar Anda tetap sehat sepanjang tahun.



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

2 komentar:

  1. Blog dan artikelnya bagus, komentar juga ya di web saya www.when-who-what.com

    BalasHapus
  2. lagi info tentang kurang tidur di SIHAT SELALU - Kanser Angkara Kurang Tidur

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama