Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 28 Desember 2010

6 Kesalahan Yang Membuat Anda Tetap Gemuk

beef burger
Sudah melakukan berbagai cara untuk menjadi lebih kurus tapi tetap tidak berhasil? Coba Anda koreksi, barangkali Anda melakukan beberapa kesalahan berikut yang membuat Anda tetap gemuk.

1. Melewatkan Waktu Makan dan Snack
Tidak makan justru akan merusak kemampuan tubuh Anda untuk mengendalikan nafsu makan. Hal ini juga ada hubungannya dengan otak Anda. Dengan melewatkan sarapan dan snack sehat, otak Anda akan kekurangan energi untuk dapat berpikir dengan baik. Anda pun tidak akan dapat berpikir untuk mengatakan "tidak" saat dihadapkan dengan "festival makanan", terutama pada malam hari dimana otak Anda sudah benar-benar kelaparan dan kehabisan tenaga.

2. Makan Terlalu Cepat
Apabila Anda tidak bisa berhenti mengunyah makanan, kurangilah kecepatan makan Anda dan nikmatilah apa yang ada di dalam mulut Anda lebih lama. Dengan mengunyah lebih pelan, asupan kalori yang masuk pun akan lebih berkurang dan tubuh Anda pun akan diberi kesempatan untuk mengatakan kenyang. Hindarilah TV dan koran saat Anda makan, dan konsentrasilah hanya terhadap makanan Anda.

Coba tips pernapasan yoga ini, tarik nafas pelan-pelan dalam lima hitungan lalu buanglah pula dalam lima hitungan. Ulangi 3 sampai 5 kali sebelum makan. Menurut penelitian, teknik ini akan meningkatkan konsentrasi Anda saat makan, dan akan mengurangi berat badan Anda dalam kurun waktu tertentu.

3. Menggunakan Weekend Untuk Makan Sepuasnya
Makan sepuasnya di akhir Minggu akan memberikan masalah sampai Anda melewatkan hari Minggu itu sendiri. Pada penelitian terakhir, peneliti menggunakan tikus untuk mengetahui efek lemak jenuh terhadap leptin, suatu hormon yang mengatur nafsu makan Anda. Lemak jenuh umumnya ada di dalam makanan tidak sehat yang mungkin Anda makan di akhir minggu.

Ditemukan bahwa dalam tiga hari, lemak jenuh ini akan menghadang kemampuan leptin untuk mengendalikan asupan makanan dan berat tubuh. Singkat kata, burger, kentang goreng, dan sayap ayam yang Anda makan dari Jumat hingga Minggu akan membuat Anda untuk makan berlebihan mulai dari hari Senin.

Apabila Anda ingin memberikan reward setelah makan sehat selama seminggu cukuplah satu kali sajian makanan seperti ini, jangan Anda lakukan selama weekend.

4. Melahap Snack Bergaram
Sodium yang terkandung di dalam garam dapat membuat Anda untuk makan secara tak terkendali. Popcorn saat menonton di bioskop, keripik kentang saat menonton pertandingan olahraga, adalah sebagian contohnya. Kurangilah makanan-makanan bergaram seperti ini.

5. Minum Alkohol
Apabila Anda masih memiliki kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol, jangan harap untuk bisa mengurangi berat badan dengan mudah. Kurangi asupan minuman Anda, dan gantilah minuman alkohol dengan kadar gula tinggi dengan yang rendah gula.

6. Makan Di Depan TV
Makan di depan TV akan menggandakan kemampuan Anda untuk menggemukan diri. Saat Anda makan sambil menonton TV, Anda memasukan kalori ke dalam tubuh, dan tidak membakarnya sama sekali.

Sebuah penelitian telah mengkonfirmasi bahwa orang yang makan di depan TV akan mengkonsumsi lebih banyak kalori (hampir 300 kalori dalam sebuah penelitian). Selain itu, tentunya orang yang terlalu banyak menonton TV akan lebih tidak aktif secara fisik yang akan membuat lemak semakin banyak mengendap di tubuhnya.


Men's Health: 6 Misktakes That Keep You Fat





Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. wah tips yang bermanfaat untuk proses diet,,
    yang ternyata makan terlalu cepat,,
    dapat menggemukkan badan,,
    yang tidak terpikir oleh saya sebelumnya,,
    makan perlu dinikmati,,

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama