Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Selasa, 02 November 2010

Penelitian: Alkohol Lebih Berbahaya Daripada Heroin!

alcohol wine
Berdasarkan sebuah penelitian, siapa sangka kalau alkohol ternyata lebih berbahaya daripada obat-obatan ilegal seperti heroin ataupun kokain. Pakar dari Inggris mencoba mengevaluasi berbagai substansi seperti alkohol, kokain, heroin, ecstasy, dan ganja, lalu mengurutkannya berdasarkan tingkat kerusakan yang dapat ditimbulkan pada tubuh maupun pada kehidupan sosial penggunannya.

Peneliti menganalisa bagaimana kemampuan masing-masing substansi tersebut dapat menimbulkan ketergantungan, kemampuannya merusak tubuh, serta kriteria-kriteria lain seperti pengaruhnya terhadap lingkungan, kemampuan merusak hubungan keluarga, serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, seperti pengeluaran biaya kesehatan, pelayanan sosial, maupun penjara.

Heroin, kokain, dan methamphetamine merupakan substansi yang paling mematikan bagi tubuh. Namun, jika ikut memperhitungkan pengaruh sosial dan bahaya bagi orang di sekitar pengguna, alkohol, heroin dan kokain merupakan yang paling berbahaya. Dan secara keseluruhan, alkohol yang paling berbahaya diikuti oleh heroin dan kokain. Ganja, ecstasy dan LSD berada di peringkat bawah.

Peneliti mengatakan bahwa alkohol memiliki skor yang tinggi karena penggunaannya yang cukup luas dan tidak hanya menimbulkan masalah bagi penggunanya, tapi juga orang di sekitarnya.

Ketika dikonsumisi dalam jumlah yang berlebihan, alkohol dapat merusak hampir semua organ tubuh. Alkohol juga berkaitan erat dengan risiko kematian yang tinggi, serta memiliki pengaruh terhadap tingginya perilaku kriminalitas.


MSNBC: Study: Alcohol More Dangerous Than Heroin



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama


1 komentar:

  1. wah baru tau saya, tapi intinya sich kalo semua di konsumsi berlebihan pasti kurang baik :)

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama