Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 18 November 2010

Mengatasi Penyakit Gusi Menggunakan Bakteri?

chronic periodontitis
Kita tahu bahwa faktor utama penyebab periodontitis adalah bakteri patogen. Namun, siapa sangka kalau ada bakteri yang justru dapat digunakan untuk mengatasi periodontitis atau istilah awamnya penyakit gusi.

Penelitian memperlihatkan bahwa bakteri yang bernama Lactobacillus reutri Prodentis dapat menambah efektivitas perawatan standar periodontitis yaitu scaling dan root planing (SRP) dalam mengurangi kedalaman poket periodontal (periodontal pocket depth / PPD) dan memperbaiki tingkat perlekatan klinis (clinical attachment level / CAL) yang merupakan parameter keberhasilan suatu perawatan periodontal.

Lebih jauh lagi, ternyata bakteri L. reutri Prodentis ini juga merupakan probiotik pertama yang secara signifikan dapat mengurangi populasi 3 jenis bakteri patogen yang terdapat dalam rongga mulut pasien penderita periodontitis kronis. Selain itu, penelitian tersebut juga menyatakan bahwa probiotik ini juga dapat mengatasi peradangan pada gusi.

Dalam penelitian ini, 30 pasien periodontitis kronis diikut sertakan dalam penelitian yang berangsung selama 42 hari. Bakteri L. reutri Prodentis dan placebo diberikan dalam bentuk tablet hisap yang dikonsumsi 2 kali sehari pada hari ke 21 sampai hari ke 42, setelah sebelumnya pada hari pertama semua pasien dilakukan perawatan SRP pada setengah mulutnya.

Hasilnya memperlihatkan kalau kombinasi perawatan SRP yang disertai pemberian bakteri probiotik ini dapat memberikan hasil positif perawatan yang signifikan dibandingkan hanya SRP saja, yang dilihat dari nilai PPD dan CAL. Sedangkan pemberian probiotik, baik yang disertai maupun tanpa dilakukan perawatan SRP, sama-sama dapat mengurangi sampai 90% populasi bakteri patogen penyebab penyakit periodontal seperti Aggregibacter actinomycetemcomitans, Porphyromonas gingivalis, dan Prevotella intermedia.

Hasil penelitian ini dipublikasikan online pada Journal of Microbiology edisi 2 November 2010.

Periodontitis kronis terjadi pada lebih dari 40% populasi orang dewasa. Perawatan standar SRP yang dilakukan dokter gigi bertujuan untuk menghilangkan plak yang terdapat di dalam poket periodontal untuk mengurangi bakteri patogen dan mencegah penyakit bertambah parah.


Medical News Today: Lactobacillus Reuteri Prodentis Effective In The Treatment Of Periodontitis



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama