Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 19 November 2010

Jawaban Konsultasi Kesehatan 19 November 2010

Pertanyaan:
Dok, temanku mengalami sakit pada buah jakarnya dan diobati dengan obat tradisional dan sudah sembuh. Namun hingga sekarang masih terasa sakit kalau tersentuh oleh benda-benda keras, katanya!
Pertanyaanya, apakah sakit pada buah zakar itu akan mempengaruhi aktivitas ngeseks? Di kemudian hari apakah tidak memberi dampak negatif pada kesehatan kelalmin? Apakah dalam keadaan seperti ini kebutuhan ngeseks masih bisa diteruskan? Apa penyebab penyakit/sakit seperti ini?
Terima kasih banyak dokter
Salam


Orlando Rangel, 26 tahun, Dili Timor Leste


Jawaban:

Buah zakar alias testis merupakan organ yang sifatnya seperti spons.dan dapat menyerap tekanan atau trauma tanpa menimbulkan kerusakan yang sifatnya permanen. Biasanya fungsi seksual testis untuk menghasilkan sperma juga tidak terlalu terpengaruhi setelah terjadi cedera ringan.

Gejala yang menyertai cedera ringan pada testis biasanya berupa rasa sakit yang berlangsung singkat setelah trauma, dan dapat pula disertai rasa mual. Untuk mengatasi hal ini, penderita dapat mengkonsumsi obat pengurang sakit atau analgesik, berbaring, kompres es pada daerah tersebut, dan bila perlu jangan lakukan aktivitas berat untuk beberapa hari.

Bila cedera bersifat ringan, biasanya rasa sakit akan berlangsung kurang dalam waktu sejam. Bila lebih dari itu dan disertai gejala lain seperti mual dan muntah, demam, pembengkakan dan lebam pada daerah skrotum (kantung zakar), serta rasa sakit yang masih sangat kuat, kemungkinan cedera yang dialami tergolong cedera berat yang memerlukan perawatan medis dari dokter.

Note: Pertanyaan yang tidak ditampikan di sini akan dijawab langsung melalui email.

Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama