Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 14 November 2010

Jawaban Konsultasi Kesehatan 14 November 2010

Pertanyaan:
Dok, saya wanita berusia 22 tahun. Saya memiliki benjolan di daerah payudara kira-kira sebesar bakso kecil. Benjolan ini sudah ada sekitar 4 tahunan, dan ukurannya memang sedikit bertambah besar namun tidak signifikan. Benjolan ini terasa sakit ketika memasuki masa haid, dan hanya terasa sedikit sakit kalo ditekan bila tidak sedang haid. Apakah ini termasuk kanker payudara dok?


Nani, 22 tahun, Bandung.


Jawaban:

Mbak Nani,
kemungkinan benjolan tersebut merupakan tumor jinak payudara yang biasa dikenal dengan istilah Fibro Adenoma Mamae. Biasanya tidak berbahaya, namun bersifat kambuhan. Penyebabnya biasanya faktor hormon.

Saran kami, segera periksakan diri ke dokter spesialis bedah untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.


Pertanyaan:
saat ini saya sedang merasa sakit pada gigi atas sebelah kiti paling belakang,awal nya tambalan gigi saya yg sudah hampir 1thn copot lalu disusul dgn rasa sakit seperti ada gigi baru yg akan tumbuh bukan sakit gigi berlubang karena buat makan atau mengunyah tdk sakit,rasa sakit nya seperti gusi di dorong oleh gigi baru yg akan tumbuh,ada apa dgn gigi saya/sebaik nya bagaimana?


Alin, 25 tahun, Tangerang.


Jawaban:
Mbak Alin,
saran kami, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter gigi apakah betul memang ada gigi yang akan keluar. Pada usia 17-21 tahun memang masanya tumbuh gigi terakhir yang paling belakang. Namun, bukan tidak mungkin gigi terakhir tersebut keluar di usia di atas 21 tahun atau bahkan tidak keluar sama sekali dan terpendam di dalam gusi.

Biasanya dokter gigi akan meminta untuk melakukan foto roentgen untuk melihat apakah betul ada gigi yang akan keluar. Selanjutnya, biasanya disarankan agar gigi tersebut dicabut. Gigi terakhir ini biasanya agak sulit dibersihkan karena letaknya yang paling belakang. Sehingga gigi tersebut rentan mengalami kerusakan (gigi berlubang) dan menimbulkan masalah seperti penyakit gusi.

Note: Pertanyaan yang tidak kami tampilkan di sini akan dijawab melalui email.


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

2 komentar:

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama