Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 12 November 2010

Gambar Menakutkan Dalam Kemasan Rokok

smoke graphic label warning
Berbagai usaha dilakukan pemerintah Amerika Serikat untuk mengurangi konsumsi rokok di negaranya. Salah satu usaha barunya yang cukup kreatif adalah dengan menampilkan berbagai gambar menakutkan yang merupakan dampak buruk yang nyata dari konsumsi rokok.

Untuk menggantikan label peringatan kecil berupa kata-kata yang terdapat dalam bungkus rokok, pemerintah Amerika Serikat berencana akan menggantinya dengan label yang lebih besar dan berupa gambar dalam kemasan rokok. Gambar-gambar tersebut pun akan ditampilkan dalam iklan rokok.

Hal ini diumumkan oleh Food and Drug Administration dan Department of Health and Human Services hari Rabu kemarin dalam usaha mencegah konsumsi rokok yang telah menyebabkan 443.000 kematian di negara tersebut setiap tahunnya.

Gambar-gambar seperti foto mayat, pasien kanker, dan penyakit pernafasan akan dipasang dalam ukuran besar, hampir setengah dari kemasan rokok tersebut, di bagian depan dan belakang kemasan rokok.

Diharapan label besar bergambar ini akan membuat para konsumen rokok lebih berpikir dan menyadari dampak buruk dari rokok, daripada sekadar label kecil berupa tulisan yang seringkali diabaikan oleh para pengguna rokok karena isi tulisannya yang lebih bersifat offensive.

Komisaris FDA, Margaret Hamburg, mengatakan bahwa penggunaan gambar yang benar-benar gamblang, jelas, dan mengerikan mungkin akan digunakan.

Beberapa gambar seperti foto seorang perokok yang sedang melakukan operasi tracheotomy (pemotongan tenggorokan), seorang ibu yang menghembuskan asap rokok ke wajah bayinya, pasien dengan kerusakan gusi dengan akar gigi yang sudah terbuka, maupun gambar rokok yang sudah dibuang ke dalam toilet sebagai tanda berhenti merokok.

Mereka harus melakukan hal tersebut karena rokok ini betul-betul merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius, dan dengan berbagai konsekuensi medis yang sangat serius seperti kanker.

Bagaimana dengan pemerintah Indonesia? Beranikah mereka melakukan ini? Atau mereka lebih peduli dengan kesuksesan industri rokok daripada kesehatan masayarakatnya?


Associated Press: Feds propose graphic cigarette warning labels



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. nah...ini baru namanya label...

    BalasHapus
  2. wah kalau kayak orang suka merokok bisa berhenti nih

    BalasHapus
  3. saya perokok dan belum bisa juga berhenti merokok.. :-)(((

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama