Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 02 Oktober 2010

Stem Cell Untuk Melekatkan Kembali Gigi Yang Lepas

tooth avulsion
Masih adakah harapan bagi gigi yang sudah tanggal untuk dipasang kembali ke tempatnya? Tampaknya para peneliti dari University of Illinois di Chicago telah memberikan harapan baru. Mereka telah menemukan suatu teknik untuk melekatkan kembali gigi yang telah tanggal dengan menggunakan stem cell.

Dikatakan bahwa dalam percobaan tersebut para peneliti dari Brodie Laboratory di University of Illinois menggunakan stem cell yang diperoleh dari ligamen periodontal dari gigi molar tikus yang sudah diekstraksi, lalu diperbanyak di dalam inkubator, dan diaplikasikan kembali pada permukaan akar gigi molar. Untuk selanjutnya, gigi molar kembali diinsersikan ke dalam soket gigi.

Setelah dua dan empat bulan, ternyata ditemukan adanya perlekatan fibrous baru antara gigi dengan tulang alveolar. Dari potongan sectional gigi, terlihat gigi sudah diliputi serat ligamen periodontal baru dan jaringan sementum, dimana kedua jaringan ini merupakan jaringan yang berperan penting dalam hal perlekatan gigi yang sehat.

Di sisi lain, gigi molar yang direplantasi tanpa menggunakan stem cell mengalami beberapa kondisi seperti tidak terjadi perlekatan gigi, bahkan ada yang mengalami resorpsi.

Peneliti mengatakan bahwa teknik ini mungkin dapat diaplikasikan untuk mereplantasi gigi yang lepas karena trauma ataupun untuk penggantian gigi yang hilang dengan menggunakan implan ataupun replika gigi. Dan mungkin dapat pula diterapkan bagi gigi yang lepas karena penyakit periodontal, dimana penyakit periodontal merupakan penyebab paling umum dari tanggalnya gigi.

Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal online Tissue Engineering, dan pelaksanaannya didanai oleh National Institutes of Health.


Medical News Today: Technique To Reattach Teeth Using Stem Cells Developed At UIC



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

2 komentar:

  1. tapi kayaknya khusus buat orang yg berduit aja kali ya...

    BalasHapus
  2. blh minta referensi jurnalnya??
    trimss

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama