Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Minggu, 17 Oktober 2010

Penelitian Terkini: Penyakit Gusi Memang Berkaitan Dengan Risiko Kelahiran Prematur

premature baby birth
Sebelumnya kami memang pernah menuliskan hal ini pada tanggal 1 Juli 2008 (artikel Kelahiran Prematur Berkaitan dengan Penyakit Gusi). Namun, pada 04 Februari 2009 kami menemukan penelitian lain yang membantah kaitan antara perawatan gusi dengan kelahiran prematur (artikel Perawatan Penyakit Gusi Tidak Menurunkan Resiko Kelahiran Prematur). Sekarang, sebuah penelitian terbaru kembali menyatakan kalau penyakit gusi (penyakit periodontal) memang berkaitan dengan risiko terjadinya kelahiran bayi prematur. Bagaimana penjelasan mereka?

Penelitian yang diterbitkan online pertama kali di BJOG: An International Journal of Obstetrics and Gynaecology pada tanggal 1 September 2010 ini menemukan adanya kaitan yang erat antara keberhasilan perawatan periodontal (gusi) dengan kemungkinan terjadinya kelahiran bayi sebelum waktu yang seharusnya atau prematur.

Penelitian ini dilakukan terhadap 322 wanita hamil yang kesemuanya mengalami penyakit gusi. Mereka dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberikan perawatan gusi, yaitu scaling dan root planning, ditambah instruksi kebersihan mulut. Sementara kelompok yang lain hanya diberikan instruksi perawatan kebersihan mulut untuk meningkatkan kesehatan rongga mulutnya.

Ternyata insidensi kelahiran bayi prematur pada dua kelompok tersebut tidak signifikan, yaitu 52,4% pada wanita yang tidak mendapatkan perawatan, dan 45,6% pada wanita yang mendapatkan perawatan.

Peneliti lalu mencoba melihat dari sisi keberhasilan perawatan gusi yang sudah dilakukan. Para wanita ini diperiksa kembali setelah 20 minggu pasca perawatan inisial, dan perawatan dinyatakan berhasil apabila terjadi pengurangan proses radang dan kegoyangan gigi.

Dan ternyata, dari 162 wanita yang diberikan perawatan gusi secara profesional ditemukan bahwa dari 49 wanita yang dinyatakan memperoleh keberhasilan perawatan gusi hanya 4 orang yang mengalami kelahiran bayi prematur (8%). Sementara itu, dari 111 wanita yang perawatannya tidak berhasil diperoleh 69 orang (62%) mengalami kondisi bayi lahir prematur. Dan terlihat bahwa perbedaan ini sangatlah signifikan.

Marjorie Jeffcoat , Professor dari bagian periodontologi di University of Pennsylvania yang juga sekaligus sebagai pemimpin penelitian ini menyatakan bahwa mereka sangat puas dengan hasil penelitian mereka.

Pertama karena penelitian ini telah memperlihatkan bahwa wanita hamil dapat memperoleh perawatan gusi dengan aman untuk meningkatkan kesehatan rongga mulut mereka. Yang kedua adalah bahwa ternyata keberhasilan perawatan periodontal sebagai tambahan perawatan bagi ibu hamil dapat menurunkan insidensi kelahiran bayi prematur.

Untuk selanjutnya, Jeffcoat mengatakan bahwa mereka akan mencoba melihat peranan obat kumur antibakteri yang biasa digunakan untuk membantu meningkatkan kesehatan rongga mulut dalam menurunkan insidensi kelahiran bayi prematur.

Pemimpin redaksi dari BJOG, Professor Philip Steer, mengatakan bahwa peneliti sebelumnya telah menyatakan kalau infeksi gusi yang parah akan meningkatkan produksi prostagaldin dan tumour necrosis factor di dalam tubuh, yaitu suatu zat kimia yang berhubungan dengan kelahiran bayi prematur.

Dan tentunya, ada faktor-faktor lain penyebab kelahiran bayi prematur yang juga harus diperhatikan. Diantaranya kebiasaan merokok, konsumsi alkohol yang berlebihan, dan obesitas.


Medical News Today: BJOG Release: Successful Periodontal Therapy May Reduce The Risk Of Preterm Birth



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

5 komentar:

  1. thnx..baru tau saya kalo ada hubungan antara kesehatan mulut ama kehamilan...

    BalasHapus
  2. Berarti kalo sudah hamil harus rutin cek ke dokter gigi gitu dok? Atau kira2 bagusnya dimulai kapan?

    BalasHapus
  3. GigiSehatBadanSehat20 Oktober 2010 06.09

    @nana: tergantung kondisi kebersihan mulutnya. nanti dokter giginya akan menganjurkan kapan datang lagi untuk pembersihan gigi.

    Sebaiknya sebelum kehamilan kondisi kesehatan gusinya sudah harus baik.

    BalasHapus
  4. trims infonya dok...
    smoga banyak ibu2 hamil yang terbuka pikirannya...

    BalasHapus
  5. tuh kan..penting banget kesehatan gusi itu. tapi kenapa asuransi masyarakat miskin gak menanggung biaya skeling...padahal orang gak mampu juga berhak punya gusi yang sehat!

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama