Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 08 Oktober 2010

Lingkungan Kerja Bising Dapat Menimbulkan Masalah Jantung

air asia plane - airport
Petugas bandara, pekerja di pembangunan gedung, waspadalah dengan lingkungan kerja Anda. Baru-baru ini peneliti menemukan bahwa lingkungan yang bising dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Berdasarkan penelitian yang mereka lakukan, orang yang bekerja di tempat yang bising paling tidak selama 1,5 tahun memiliki risiko terhadap penyakit jantung 3 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan mereka yang bekerja di lingkungan yang tenang.

Sang peneliti, Gan Wenqi dari University of British Columbia, melakukan penelitian ini terhadap lebih dari 6.000 pekerja yang berusia minimal 20 tahun. Kebanyakan dari partisipan ini berusia 40 tahun dan juga memiliki faktor risiko lain terhadap penyakit jantung, seperti body mass index yang tinggi, dan kebiasaan merokok.

Namun, setelah faktor risiko lain ikut diperhitungkan, peneliti masih menemukan bahwa orang yang bekerja di lingkungan yang bising memiliki kemungkinan lebih besar untuk menderita penyakit jantung.

Setiap partisipan ditanyakan seberapa bising tempat kerja mereka, dan sudah berapa lama mereka terpapar. Sebuah tempat kerja diklasifikasikan sebagai lingkungan yang bising apabila mereka harus berteriak ketika melakukan sebuah percakapan.

Dan hasilnya, ditemukan bahwa orang yang bekerja di tempat yang bising selama paling tidak 1,5 tahun memiliki 2 sampai 3 kali lipat risiko masalah jantung yang lebih besar, seperti serangan jantung dan sakit dada yang parah, dibandingkan dengan mereka yang kerja di lingkungan yang tenang.

Kenapa bisa begitu? Martin Halle, seorang profesor di University of Munich menjelaskan bahwa suara bising yang konstan dapat memicu masalah jantung karena lingkungan yang bising dapat meningkatkan kadar hormon stress di dalam tubuh yang nantinya dapat memicu masalah jantung.


Yahoo Health: Loud Workplaces May Increase Heart Problems



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

3 komentar:

  1. berarti orang yang kerja di tempat bising itu harus sering olahraga yach :)
    nice info :)

    BalasHapus
  2. mungkin pake penutup telinga aja kali ya...terus belajar bahasa isyarat untuk komunikasi ama pekerja lain...

    hmm, berarti intinya stress bisa beresiko penyakit jantung ya? mesti banyak senang2 nih!

    BalasHapus
  3. mungkin dibawa enjoy aja kali ya...jangan dibawa stress...

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama