Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 15 Oktober 2010

Blog Action Day 2010: Wanita Afrika Menghabiskan 40 Milyar Jam Berjalan Kaki Demi Air Bersih

Anda yang saat ini membaca artikel ini hampir dapat dipastikan tidak memiliki masalah dengan air bersih. Ya, Anda termasuk orang yang sangat beruntung dan patut mensyukurinya. Karena sekarang ini hampir sebanyak 1 milyar orang di bumi tidak memiliki akses terhadap air minum yang bersih dan aman.

Air yang tidak bersih dan kurangnya sarana sanitasi merupakan penyebab dari 80% penyakit dan membunuh lebih banyak manusia dibandingkan dengan semua bentuk kekerasan, termasuk perang. Yang paling rentan terhadap kondisi ini adalah anak-anak, dimana tubuh mereka masih belum cukup kuat untuk menghadapi penyakit seperti diare, disentri, dan lain sebagainya.

Kondisi ini paling banyak dialami di berbagai negara berkembang termasuk negara kita sendiri, khususnya saat ini bagi para korban bencana banjir di Wasior, Papua Barat, yang betul-betul sangat membutuhkan pasokan air bersih untuk minum dan kegiatan sehari-hari. Namun untuk cakupan dunia, kondisi yang sangat parah dialami oleh saudara-saudara kita di daerah Sub Sahara Afrika.

Di sana, orang-orang sampai menghabiskan waktunya sebanyak 40 milyar jam berjalan kaki dalam setahun hanya demi mendapatkan air bersih untuk bertahan hidup.

Dan yang menyedihkan, hal ini paling banyak dilakukan oleh wanita dan anak-anak. Mereka berjalan bermil-mil ke sumber air terdekat, dimana sepanjang perjalanan mereka terus diintai oleh bahaya seperti tindak kekerasan, dan pelecehan seksual. Sumber air yang mereka datangi pun seringkali tidak layak untuk dikonsumsi.

Tidak hanya itu saja, kondisi ini tentunya membuang banyak waktu mereka yang seharusnya dapat dipakai untuk bekerja, merawat keluarga, ataupun waktu untuk sekolah bagi anak-anak. Mereka pun harus menghadapi risiko kesehatan misalnya seperti gangguan pada tulang punggung mereka akibat menggotong beban berat dalam jangka waktu yang cukup lama dan frekuensi yang sering.

Oleh karena itu, sudah sepatutnyalah kita menghargai air bersih yang dapat dengan mudah kita peroleh untuk minum ataupun untuk kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah dengan menghemat penggunaan air seefisien mungkin.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, Anda yang mampu tentunya sangat diharapkan untuk memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan kebutuhan pokok ini lewat lembaga-lembaga sosial yang ada. Baik untuk saudara-saudara kita di tanah air, maupun saudara kita di Afrika yang memiliki kondisi yang cukup memprihatinkan ini.


Blog Action Day 2010: Water from Blog Action Day on Vimeo.
Join the global conversation around water on October 15th.


Source: charitywater.org





Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

4 komentar:

  1. terima kasih informasinya. anda adalah 1 dari 10 dan dari 58 blog yang ikut BAD10-Water yang kucatat

    BalasHapus
  2. kesian banget ya...
    negara kita aja di beberapa daerah uda cukup parah...ternyata masih ada yang jauh lebih parah...pantesan, kayaknya afrika kok gak maju2..

    BalasHapus
  3. Hello Everyone
    Blog Action Day 2010: Wanita Afrika Menghabiskan 40 Milyar Jam Berjalan Kaki Demi Air Bersih
    It feels great reading such post this way. Fairly excellent submit, keep the good writing coming!

    BalasHapus
  4. Rakyat Harus Menjaga Hutan kita

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama