Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 06 September 2010

Terungkap: Hubungan Penyakit Gusi dan Jantung

gum gingiva
Kaitan antara kesehatan gusi dengan masalah jantung sudah lama diketahui. Namun, masih belum terlalu jelas bagaimana kesehatan rongga mulut yang buruk ini dapat berpengaruh terhadap jantung. Kini para ilmuwan mencoba untuk menjelaskannya.

Dalam pertemuan Society of General Microbiology, para ahli dari Inggris dan Irlandia mengungkapkan bahwa bakteri di dalam rongga mulut, dalam hal ini bakteri Streptoccoccus, dapat masuk ke dalam aliran darah melalui gusi yang sakit atau meradang dan akan membentuk suatu protein.



Protein yang dikenal dengan nama PadA ini nantinya akan mengakibatkan platelet di dalam darah untuk melekat satu sama lain dan membentuk suatu clot yang akan menyumbat pembuluh darah. Sumbatan inilah yang akan menghambat aliran darah ke jantung, bahkan ke otak. Sehingga tidak hanya dapat mengakibatkan masalah jantung, penderita juga harus menghadapi risiko stroke.

Tidak hanya menyumbat pembuluh darah, platelet yang saling melekat tersebut juga akan membungkus si bakteri. Kondisi ini tidak hanya melidungi bakteri dari sistem kekebalan tubuh, tapi juga dari antibiotik yang digunakan untuk melawannya, jelas Prefessor Howard Jenkins yang merupakan pemimpin dari penelitian ini.


Professor Damian Walmsley, penasihat ilmiah dari British Dental Association, mengatakan bahwa penelitian ini telah membuat kontribusi yang berarti terhadap pemahaman mengenai hubungan antara penyakit gusi dan jantung. Selain itu, penelitian ini juga mengingatkan kita mengenai betapa pentingnya menjaga kesehatan rongga mulut dengan cara menyikat gigi dua kali sehari, membatasi asupan makanan dan minuman bergula, serta periksa gigi rutin ke dokter gigi.

walk exercise
Tentu saja bukan hanya kesehatan rongga mulut yang menjadi faktor yang mempengaruhi risiko penyakit jantung. British Heart Foundation menjelaskan bahwa selain menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut, kita juga perlu mengkombinasikannya dengan gaya hidup sehat lainnya seperti pola makan yang sehat, tidak merokok, dan secara teratur melakukan aktivitas fisik alias berolah raga. Lakukan semua ini, dan Anda pun akan jauh dari risiko penyakit kardiovaskular, diantaranya penyakit jantung.


Source: BBC



Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

6 komentar:

  1. wah..ini penjelasannya lebih bisa dimengerti...
    dari bakteri, membentuk clot, pembuluh darah tersumbat, sakit jantung...ya ya ya...
    thnx infonya...

    BalasHapus
  2. cukup tertarik dg artikel ini....berarti streptococcus itu sendiri kan bisa masuk ke pembuluh darah...nah, apakah ada hal2 tertentu yg dapat menyebabkan streptococcus pada gingivitis itu bisa masuk ke pembuluh darah? maksud saya, kan tidak semua kasus gingivitis dapat menyebabkan masuknya streptococcus itu ke pembuluh darah dan menyebabkan penyakit kardiovaskuler..
    semoga bisa menjadi diskusi yg menarik...

    BalasHapus
  3. berarti mungkin tidak hanya melalui penyakit gusi saja ya. bakteri yang masuk melalui saluran akar bisa jadi ikut berpengaruh terhadap kesehatan jantung.

    saya rasa bakteri di dalam mulut bisa sangat mudah masuk ke pembuluh darah, karena gerbang masuknya cukup banyak. namun, tentu saja tubuh kita memiliki sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri yang masuk ini sebelum bakteri tersebut menyebabkan masalah2 lebih lanjut seperti diantaranya penyakit jantung.

    jadi, tentu saja sistem kekebalan tubuh kita juga perlu dijaga, selain tentunya juga menjaga kebersihan rongga mulut.

    BalasHapus
  4. setuju...tentu saja sistem kekebalan tubuh kita harus baik untuk melawan streptococcus yang masuk ke dalam aliran darah, sebelum bakteri ini membentuk clot yang menyumbat pembuluh darah..

    BalasHapus
  5. saya setuju sekali dgn artikel ini sebab menurut saya ronngga mulut adalah salah satu pintu masuk buat bakteri-bakteri yg berbahaya buat tubuh.

    BalasHapus
  6. Penjelasan yang sangat baik. Untuk itu diperlukan juga kerjasama antara dokter gigi, dokter umum maupun dokter spesialis jantung tentang hal ini tuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama