Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 04 September 2010

Sudah Benarkah Takaran Obat Untuk Anak Anda?

drug syrup dossage
Masih banyak orang tua yang masih salah dalam memberikan takaran obat kepada anak, khususnya obat sirup. Hal ini diungkap oleh para peneliti dari Australia yang menemukan bahwa dari 97 orang dewasa yang mereka teliti, diperoleh sebanyak 61% salah menakar dosis pemberian obat. Dimana 17% nya memberikannya secara overdosis, dan 44% nya kurang dari dosis yang ditentukan. Lantas, bagaimana agar kita dapat memberikan dosis obat yang tepat bagi anak kita?

Menurut peneliti, penggunaan sendok di rumah dalam menakar dosis obat merupakan penyebab utama dari kesalahan ini. Dimana anak-anak yang berusia di bawah lima tahun merupakan yang berisiko tinggi terhadap kondisi over dosis akibat kesalahan pemberian dosis obat.

Sang peneliti, Dr Rebekah Moles, mengatakan bahwa dari 119,000 panggilan telefon yang diterima di New South Wales Poisons Information Centre, yang menangani panggilan darurat dari seluruh Australia, hampir setengahnya adalah mengenai kasus overdosis obat pada anak, dimana 15% diantaranya membutuhkan penanganan rumah sakit.

Dr. Moles juga terkejut, karena beberapa orang masih ada yang beranggapan bahwa obat yang mereka beli adalah obat yang aman karena tidak memerlukan resep dokter. Sehingga sebagian dari mereka bahkan tidak ragu untuk menggandakan dosis pemberian obat. Padahal sebenarnya risiko overdosis dapat saja terjadi pada penggunaan obat tanpa resep dokter ini apabila dia diberikan tidak sesuai aturan pakai.

drug syrup dossage
Bagaimana seharusnya? Gunakanlah sendok atau penakar khusus yang sudah tersedia dalam kemasan obat. Jangan pernah gunakan sendok yang ada di rumah karena ukuran sendok dapat bervariasi. Apabila dalam kemasan obat tidak disediakan penakar obat, Anda dapat membelinya ke apotek atau toko yang menjual obat tersebut. Biasanya penakar obat dapat berupa sendok, syringe, ataupun gelas plastik kecil yang memiliki skala pengukuran dalam mililiter.


Source: BBC News


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

2 komentar:

  1. betul sekali!
    di rumah saya aja sendok teh dan sendok makan ukurannya macem2...

    Indra

    BalasHapus
  2. oh, begitu ya..
    thnx banget infonya ya...

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama