Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Jumat, 03 September 2010

Konsultasi Kesehatan 3 September 2010

Pertanyaan:
dok,beberapa tahun yg lalu gigi atas saya keropos,trus ternyata msh ada sisa nya atau mungkin akar giginya msh tersisa.stelah saya periksa skr2 ini gusi diatas gigi yg keropos itu kyk muncul gigi,tp dia gag tembus gusi cuma keliatan putih gigi nya aja.gmn dok cara ngilanginnya,yg saya takutkan itu klo di cabut sisa giginya apa akan pengaruh ke gusi saya, seperti sobek ato berlubang.terima kasih sebelumnya


Pipin, 28 tahun, Rakasbitung




Jawaban:

Mbak Pipin,
gigi yang muncul tersebut merupakan sisa akar yang memang lama-kelamaan akan muncul ke permukaan gusi. Sisa akar gigi tersebut harus dicabut karena apabila dibiarkan dapat menimbulkan infeksi.

Semua tindakan pencabutan, baik pencabutan gigi maupun sisa akar gigi pasti akan meninggalkan lubang ataupun sobekan pada gusi. Namun tidak perlu khawatir, karena lama kelamaan lubang atau sobekan ini akan mengalami perbaikan jaringan dan akan menutup dengan sendirinya.



Note: Pertanyaan yang tidak kami tampilkan di sini akan dijawab langsung melalui email.

Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

2 komentar:

  1. 4 th lalu, saya mencabut gigi graham atas saya dikarenakan bolong, lalu setelah cabut gigi itu saya menjalani 2th dengan gigi yang masih sisa walaupun sekarang sudah tidak ada sisa gigi graham yang tertinggal, tapi efeknya terhadap gusi ditempat gigi graham ku dicabut, menjadi sobek atau bolong dan itu masih membuatku khawatir.. mohon solusinya Dokter..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya anjurkan kepada Pak Taufik untuk memeriksakan langsung kondisi tersebut ke dokter gigi terdekat. Kalo memang benar gusinya tampak bolong atau sobek, penanganannya sebenarnya cukup sederhana. Salam : )

      Hapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama