Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Kamis, 02 September 2010

Konsultasi Kesehatan 2 September 2010

Pertanyaan:
Salam,
Saya amat mohon bantuannya, saya memiliki anak berusia 2thn 9bln dan beberapa hari lalu sempat terjatuh dari mainan yg dia gunakan..setelah saya lihat mulutnya mengeluarkan darah karena luka pd bibir dan giginya, saat ini lukanya sudah sembuh setelah diberikan beberapa obat. namun amat disayangkan posisi gigi atas bagian depan menjadi tidak rata dan ada beberapa yang goyang.

apakah harus/bisa dicabut?sy takut karena lebih dari satu gigi. atau mungkin ada solusi lainnya? Terima kasih banyak sebelumnya

Ardi, 30 thn, Jakarta


Jawaban:

Pak Ardi,
Sekitar 30% dari anak-anak mempunyai pengalaman dengan yang namanya trauma terhadap gigi. Kondisi ini umumnya paling sering terjadi sekitar usia 18 sampai 40 bulan, dimana anak sedang aktif-aktifnya bergerak namun biasanya dengan koordinasi dan keseimbangan tubuh yang masih belum sempurna.

Trauma pada gigi biasanya berupa gigi terlepas, gigi patah, gigi berubah posisi, ataupun gigi menjadi goyang. Selain itu dapat pula terjadi fraktur atau patah pada akar gigi ataupun pada tulang rahang.

Biasanya untuk melihat kondisi ini diperlukan foto roentgen untuk melihat dan memastikan kondisi dari gigi dan jaringan sekitar gigi termasuk tulang rahang dari anak.

Dari foto roentgen ini akan terlihat apakah gigi-gigi yang mengalami trauma pada anak Bapak ikut melibatkan benih gigi tetap di bawahnya. Bila ya, maka gigi susu tersebut perlu dicabut agar tidak mempengaruhi pertumbuhan gigi tetapnya. Sedangkan bila tidak, maka gigi dapat segera dilakukan perawatan.

Saran saya segera kunjungi dokter gigi, dan akan lebih baik bila ada dokter gigi spesialis anak untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Untuk sementara, beri makanan yang lunak dulu untuk anak Bapak.


Note: Pertanyaan Anda yang tidak kami tampilkan di sini akan dijawab langsung melalui email.


Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. Salam,

    Terima kasih banyak atas jwbnnya, cukup membantu dan setidaknya membuat sy sdkt lebih lega..krn sampai skrg sy msh saja memikirkannya, walau anak sy saat ini sudah kembali normal dan tdk mengeluh sakit.

    saran akan lngsg dicoba..betul2 sy terima kasih

    Wassalam wr.wb
    Ardi Jakarta

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama