Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Sabtu, 21 Agustus 2010

Volume Earphone Terlalu Keras Bisa Jadi Penyebab Berkurangnya Pendengaran

earphone
Saat ini, 1 dari 5 remaja di Amerika Serikat mengalami berkurangnya pendengaran. Penggunaan earphone yang berlebihan diduga menjadi penyebab dari hal ini. Seperti apa penggunaan earphone yang berlebihan? Lalu bagaimana cara menggunakan earphone yang aman?

Peneliti dari Amerika Serikat melaporkan bahwa telah terjadi peningkatan jumlah remaja yang mengalami pengurangan pendengaran dari tahun 1988 sampai 2006 sebesar 30%. Hal ini berarti sekarang 1 dari 5 remaja Amerika Serikat mengalami pengurangan pendengaran.

Kebanyakan, remaja tidak menyadari bahwa kemampuan pendengaran mereka telah berkurang. Perubahannya memang tidak terlalu terasa, tapi memang ada. Pada tahun 2005-2006, diperoleh data bahwa kebanyakan hilangnya kemampuan mendengar terbatas pada frekuensi tinggi, yaitu sebesar 16,4%. Sedangkan yang kehilangan kemampuan mendengar frekuensi rendah adalah sebesar 9%.

Peningkatan jumlah penderita pengurangan pendengaran ini, sebagian besar bukan diakibatkan oleh infeksi telinga ataupun paparan terhadap suara keras selama 5 jam atau lebih dalam seminggu. Peneliti menduga, bahwa kebiasaan mendengar musik melalui pemutar musik portable-lah yang menjadi penyebabnya.

Mendengarkan suara keras melalui earphone selama berjam-jam, khususnya suara dengan frekuensi tinggi dapat merusak pendengaran. Peneliti mengatakan bahwa mendengar musik dalam volume yang wajar memang tidak berbahaya. Namun apabila Anda mendengarnya melalui earphone, Anda tidak akan tahu apakah voleme tersebut aman atau tidak.

earphone
Disarankan agar memutar musik melalui pemutar portable seperti MP3 player diatur otomatis ke tingkat volume aman, sehingga dapat mencegah suara terlalu keras yang dapat merusak pendengaran. Namun, apabila MP3 player Anda tidak memiliki fitur ini, silahkan atur volume suaranya dimana Anda masih dapat cukup jelas mendengar percakapan orang lain disekitar Anda.


Source: Health Day





Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

5 komentar:

  1. kalo yang suka dugem, ngaruh juga gak yach pendengarannya? heheheh

    Regards,

    Ghustie Samosir
    www.hanyainfo.blogspot.com

    Khusus Dewasa Klik Disini dan Disini

    BalasHapus
  2. GigiSehatBadanSehat22 Agustus 2010 18.20

    hhhe..silahkan cek up ke dokter tht...:P

    BalasHapus
  3. Salam Kenal dariku, nice artikel :D Sekalian mau bilang Met Puasa bagi yang puasa. Met sejahtera bagi yang gak njalanin. Semoga selamat & damai dimuka Bumi. Amin :D

    BalasHapus
  4. hadoohh..gimana nih, gw suka banget denger earphone rada kenceng...abis bikin suasana jadi heboh sih...

    BalasHapus
  5. wow,,,banyak banget info yang berguna disini ;)

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama