Dapatkan buku kami "Serba-Serbi Kesehatan Gigi & Mulut" di toko buku terdekat. Diterbitkan oleh penerbit buku anak muda Bukune. Selengkapnya: Buku: SERBA SERBI KESEHATAN GIGI & MULUT

Senin, 16 Agustus 2010

Orang Kegemukan Lebih Sering Ke Dokter Daripada Perokok

overweight
Dulu, banyak orang kita yang berpendapat bahwa gemuk itu sehat sedangkan kurus itu tidak sehat. Sebaiknya Anda segera mengubah pandangan tersebut, dan jangan lagi menyuruh anak Anda atau siapa pun untuk makan yang banyak supaya sehat. Karena, para peneliti dari Belanda menemukan bahwa ternyata orang yang kegemukan itu malah justru lebih sering berobat ke dokter, bahkan jika dibandingkan dengan perokok.

Tim dari Maastricht University telah meneliti data kesehatan dari 4.500 partisipan. Mereka juga memberikan kuesioner kepada partisipan untuk mengetahui gaya hidup mereka, seperti asupan makanan, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, dan seberapa sering mereka berolahraga. Dari data ini, peneliti berharap dapat mengetahui partisipan seperti apa yang paling sering pergi berobat ke dokter.

Dari sekian faktor gaya hidup yang tidak sehat, ternyata orang dengan Body Mass Index di atas rata-rata alias kegemukan adalah yang paling banyak melakukan kunjungan ke dokter untuk berobat, bukan perokok ataupun alkoholik. Hal ini ditemukan baik pada partisipan pria maupun wanita, namun tidak memperhitungkan kondisi tingkat keparahan penyakit yang menjadi alasan mereka datang ke dokter. Jadi, mungkin mereka tidak memiliki kondisi penyakit separah perokok namun mereka memiliki lebih banyak alasan untuk pergi berobat daripada perokok.
overweight

Peneliti belum dapat menyimpulkan penyebab pasti mereka sering ke dokter. Mereka menduga bahwa keluhan-keluhan kecil seperti gangguan tidur, atau nyeri pada otot dan sendi adalah mungkin yang menjadi penyebabnya.

Jadi, tetap jaga berat badan ideal. Aturlah agar jumlah kalori yang masuk tidak lebih banyak daripada kalori yang keluar. Perhatikan asupan makanan dan jangan lupa rutin berolahraga atau beraktivitas.

Hmm, mudah sekali mengatakannya ya. Tapi semoga bisa Anda diterapkan.


Source: BBC

Perhatian: Dibebaskan menyalin sebagian ataupun keseluruhan isi blog ini demi kepentingan pendidikan kesehatan bagi masyarakat umum dengan ketentuan mencantumkan alamat link blog ini sebagai sumbernya.
Apabila Anda ingin berlangganan berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat, daftarkanlah alamat email Anda dengan meng-klik kata berlangganan: Berlangganan. Berita terbaru dari Gigi Sehat Badan Sehat akan langsung dikirimkan ke email Anda.
Kembali ke halaman utama

1 komentar:

  1. wah..kalo saya nyeri2 otot gitu gak ke dokter, dibalsem aja...orang bule gak kenal balsem kali ya..hhee

    BalasHapus

Punya komentar atau pertanyaan tentang artikel di atas, tentang blog ini, atau tentang kesehatan? Silahkan isi di kotak komentar berikut:

Artikel Pada Kategori Yang Sama